Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

22 Peranti Keamanan GM untuk Mobil Baru 2016

Kompas.com - 25/01/2016, 17:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milford, KompasOtomotif – Chevrolet, Buick, GMC, dan Cadillac bakal dijejali beberapa dari 22 fitur keamanan yang disiapkan General Motors (GM) pada model-model 2016. Peranti yang digunakan ditujukan untuk mengeintervensi dan menjadi asisten pengemudi pada kondisi kritis.

Fitur dan peranti keamanan yang akan digunakan untuk mobil Chevrolet, Buick, GMC, dan Cadillac di seluruh dunia itu dikembangkan dan dites di fasilitas pengujian GM di Milford Proving Gound, dekat Detroit. Fasilitas itu sudah dibuka belum lama ini.

”Strategi kami di bidang keamanan berkendara masuk pada area sebelum, saat, dan beberapa saat setelah kecelakaan. Sejarah menunjukkan, GM menjadi pemimpin untuk pengembangan dan pengetesan teknologi keamanan, menempatkan pengetahuan untuk mencegah kecelakaan di tempat tertinggi,” ujar Jeff Boyer, Vice President of GM Global Vehicle Safety.

Berikut beberapa contoh peranti keamanan yang dikembangkan Chevrolet untuk mobil model 2016:

1. City Speed Front Automatic Braking. Semacam teknologi yang mengaktifkan rem saat mobil akan menabrak objek di depan dalam kecepatan rendah.

2. Front Pedestrian Braking. Kendaraan akan mendeteksi pedestrian di depan. Jika ada kemungkinan celaka dan pengemudi belum menginjak rem, sistem akan membantu.

3. Rear Camera Mirror. Dibandingkan dengan kameran belakang lainnya, punya GM lebih cerdas. Peranti ini mampu melihat objek lebih luas, sekaligus mendeteksi mobil saat tiba-tiba ganti jalur, atau mengecek kondisi jalanan di belakang.

4. Night Vision. Teknologi yang menggunakan infra merah untuk melihat objek di depan dalam kondisi sangat gelap, termasuk mendeteksi pejalan kaki atau hewan.

5. Curb View Camera. Aktif saat kendaraan hendak parkir, melihat beberapa objek terdekat atau pembatas.

Teknologi itu akan diterapkan di Amerika Serikat terlebih dahulu, dipasangkan pada beberapa model seperti Chevrolet Malibu, sampai mobil paling murah, yakni Chevrolet Spark 2016 yang akan dilengkapi Lane Departure Warning serta Forward Collision Alert.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com