Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Korea Selatan

GM Indonesia Pamer Pusat "R and D" di Korea

Kompas.com - 25/10/2015, 10:00 WIB

Seoul, KompasOtomotif - Dalam rangkaian perjalanan  "GM Korea Trax Experience in Seoul," belasan rombongan jurnalis Indonesia digiring menuju pusat riset dan pengembangan (R and D) milik GM Korea di Incheon, Korsel, Kamis (22/10/2015). Di tempat ini, GM juga memiliki fasilitas Proving Ground yang digunakan untuk menguji model-model kendaraan yang diproduksi di pabrik Korea Selatan.

"Trax merupakan SUV (sport utility vehicle) kompak global pertama yang dikembangkan GM. Produk ini dikembangkan oleh Tim Pengembangan Kendaraan Kompak GM berbasis di Incheon," kata Gaurav Gupta, Presiden Direktur GM Indonesia di Seoul, Korsel, disela kunjungan para jurnalis.

Di fasilitas ini, GM menunjukkan betapa kompletnya peralatan dan laboratorium pengujian yang dimiliki merek asal Amerika Serikat ini. Mulai dari laboratorium pengetesan kecepatan, suspensi, engsel pintu, sampai ada satu ruangan khusus yang bisa menciptakan suhu ekstrem, panas dan dingin. Termasuk win tunnel yang disiapkan guna menghitung aerodinamika suatu desain kendaraan ketika melaju dalam kecepatan tertentu.

"Trax merupakan produk global, jadi seluruh pengujian harus dilakukan. Beberapa penyesuaian juga dilakukan untuk beberapa negara tertentu, misalnya untuk Indonesia, penggunaan sistem pendingin ruangan perlu ditingkatkan karena cuaca yang relatif panas dan tingkat kelembaban tinggi," kata salah seorang petugas yang menjaga loboratorium di fasilitas Incheon.

GM Indonesia Perakitan Chevrolet Trax di pabrik Bupyeong, Korea Selatan.

Standar Baru

Gaurav menambahkan, dengan desain yang dinamis, kekuatan SUV yang besar, ruang yang lapang, praktis, dan senyaman sedan, Trax akan bersaing di segmen (SUV) B yang lagi berkembang. "Produk ini akan menciptakan standar baru, baik dari desain, kualitas, dan kemampuan, termasuk keselamatan yang ditawarkan SUV kompak di Indonesia," katar pria asal India ini.

Dengan memperlihatkan pusat fasilitas riset dan pengembangan milik GM Korea, para calon konsumen diharapkan bisa berfikir lebih logis dalam memilih kendaraan. Jangan, hanya faktor eksternal yang mendorong seseorang membeli mobil, tetapi mengabaikan kenyamanan pribadi.

"Saya percaya seseorang membeli mobil karena keputusannya, bukan karena pertimbangan orang lain. Dengan fokus pada kualitas produk dan layanan purna jual yang prima, kami yakin konsumen akan mempertimbangkan produk kami," kata Gaurav.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com