Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Memastikan Belum Menyerah pada Carens

Kompas.com - 11/01/2016, 11:48 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Pihak PT Kia Mobil Indonesia membantah telah berhenti memasarkan Carens untuk pasar domestik Indonesia. Hak Jawab disampaikan langsung oleh General Manager KMI Ridjal Mulyadi kepada KompasOtomotif, Senin (11/1/2015).

"Dalam kesempatan ini kia mobil indonesia bermaksud meluruskan pemberitaan yang dimuat di kompas.com dengan judul 'Kia Indonesia Berhenti Jual Carens.' Tidak ada korelasi antara judul dan isi tulisan," kata Ridjal.

Dijelaskan Ridjal, pihak KMI saat ini memang belum mengimpor lagi Carens untuk mengisi stok di pasar, sehingga pasokan memang tengah kosong. Situasi ini terjadi, karena prioritas perusahaan sepanjang 2015, adalah menghabiskan sisa stok Carens yang masih ada di tengah situasi pasar yang menurun.

"Memang kondisi persaingan di kelas Carens sangat ketat, namun bukan berarti kami telah menyerah atau berhenti memasarkan model tersebut," ucap Ridjal menjelaskan.

Mengacu data penjualan Gaikindo, Kia baru berhasil menjual 150 unit Carens sepanjang 2014. Jumlah ini menurun menjadi tingga 25 unit, sepanjang 11 bulan pertama 2015.

Kia meluncurkan Carens, pertengahan 2013 dengan banderol awal Rp 249,5 juta – Rp 262,5 juta. Pelemahan rupiah terhadap dollar AS memaksa KMI menaikkan harga jualnya menjadi Rp 268 juta – Rp 281 juta pada 2015. Di kelas MPV medium, dari sisi harga Carens bersaing Honda Freed, Toyota Kijang Innova, dan Chevrolet Orlando.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com