Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Balap Marquez Sambangi Konsumen Pertama

Kompas.com - 24/12/2015, 12:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Wiltshire, KompasOtomotif – Tunggangan Marc Marquez versi jalanan, Honda RC213V-S, telah dikirim dari pabrik di Kumamoto, Jepang, ke Inggris, buat bertemu dengan konsumen pertamanya di dunia, John Brown. Ia adalah “maniak” dan kolektor Honda sekaligus pemilik salah satu diler Honda di Manchester.

“Secepatnya saat mulai dijual saya menyatakan minat pada website, ketika saya mendapat panggilan dari Honda yang mengatakan pesanan diterima itu adalah hari yang sangat spesial buat saya,” ujar Brown, seperti diberitakan Carscoops, Kamis (24/12/2015).

Honda Produk yang diciptakan dari sepeda motor balap yang digunakan Marc Marquez di ajang MotoGP.
“Mainan” baru Brown pada dasarnya tidak jauh berbeda seperti RC213V yang digunakan pada MotoGP. Perubahan disesuaikan untuk kebutuhan registrasi sepeda motor seperti lampu depan dan spion. Beberapa perubahan lain pada spesifikasi misalnya, penggantian dari katup pneumatic ke coil spring dan transmisi konvensional menggantikan versi seamless yang digunakan khusus balapan.

RC213V-S akan lebih sering digunakan di jalan umum dibanding di trek sebab itu tenaganya dibatasi hanya 173 tk, lebih rendah 62 tk dibanding RC213V. Meski begitu Honda juga menjual optional kit sport yang bisa mendongkrak tenaga hingga 212 tk, namun pemakaiannya wajib dilakukan di sirkuit buatan.

Honda RC213V-S dikembangkan selama tiga tahun, produksinya hand made dan hanya dilakukan sehari sekali. Di Jepang satu unit dijual 21.000.000 yen (Rp 2,3 miliar), namun harganya membengkak di Inggris menjadi 150.000 poundsterling (Rp 3 miliar). Gambaran lain, di Jerman dilego 188.000 euro (Rp 3,8 miliar) dan di Australia 244.000 dollar Australia (Rp 2,4 miliar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com