Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
EICMA 2014

Ini Sosok Honda RC213V Versi Produksi

Kompas.com - 05/11/2014, 08:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milan, KompasOtomotif – Akhirnya Honda menuntaskan spekulasi banyak pengamat dan penggemar soal kemunculan Honda RC213V produksi massal yang diberi nama RC213V-S. Sepeda motor itu akhirnya meluncur di EICMA, Milan, (4/11/2014), sembari dikendarai juara dunia MotoGP Marc Marquez. Untuk sementara, statusnya sebagai prototipe, namun tertera sebagai model 2015.

Dalam momen spesial itu, Marquez melontarkan candaan, bahwa sepeda motor ini bakal menjadi tunggangannya sehari-hari. ”Ini sepeda motor jalanan saya, hanya dibuat untuk saya,” celetuk pebalap yang tahun ini berhasil mencetak banyak rekor di MotoGP.

Asphaltandrubber Masih banyak spekulasi tentang mesin, karena statusnya masih prototipe.

Tidak ada detail yang dirilis, namun beberapa sumber menyebut bahwa speeda motor ini berbasis mesin RC213V 1.000cc yang digunakan untuk balap tim Repsol Honda. Namun ada spekulasi juga yang muncul bahwa tunggangan ini pakai basis RCV1000R V4 yang saat ini dipakai Nicky Hayden dan beberapa pebalap lain yang menyewa.

RC213V-S dikembangkan bersama oleh road department Honda sekaligus beberapa legenda balap premier.

Asphaltandrubber Tampangnya mirip tunggangan tim Repsol Honda di MotoGP.

Secara penampilan, sepeda motor tampak ”MotoGP banget” dengan bodi yang tak banyak ornamen. Sepintas sangat mirip dengan RC213V, mulai dari kepala, tangki, hingga buritan sampai knalpot yang menyembul dari bawah sub-frame.

Honda menyiapkan dua corak. Pertama, warna kebanggaan HRC putih-biru-merah dengan bendera Jepang di fairing, serta warna hitam dengan banyak peranti serat karbon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com