Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Rp 225 M Habis untuk Balapan F1 Semusim

Kompas.com - 18/12/2015, 08:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Rio Haryanto harus meniapkan dana 15 juta euro atau setara dengan Rp 225 miliar untuk bergabung dengan tim Manor di balapan Formula 1 (F1) musim depan. Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi akan membantu dan membayarnya secara bertahap.

Menurut pebalap berusia 22 tahun ini, dana sebesar Rp 225 miliar itu sudah cukup dan tidak ada biaya tambahan lain yang harus dikeluarkan.

“Totalnya memang 15 juta euro (Rp 225 miliar) dan itu untuk satu musim saja,” kata Rio kepada KompasOtomotif di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (17/12/2015) malam.

Rio melanjutkan, untuk memperpanjang kontrak di tahun berikutnya, ia harus kembali membayar uang 15 juta euro. Tapi, tergantung dari timnya, karena masing-masing tim memiliki standar yang berbeda.

Aditya Maulana, KompasOtomotif Rio Haryanto saat menghadiri acara Award Ikatan Motor Indonesia (IMI) 2015 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (17/12/2015) malam.

“Kalau ingin tim yang lebih bagus dari Manor ya kita harus membayar lebih dari itu. Karena, Manor itu sendiri masih tim bawahan yang memang namanya sedang dikenal belakangan ini karena prestasinya,” ujar Rio.

Menurut Rio, dana sebesar itu jika dilihat secara kasat mata memang cukup besar. Tapi, sebenarnya dana tersebut juga dibuat untuk branding, promosi di seluruh dunia, sehingga sebenarnya tidak mahal.

“F1 ini olahraga paling tinggi dan bergengsi. Saya juga bisa membawa nama Indonesia saat balapan yang totalnya setahun mencapai 21 kali,” katanya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com