Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Risers" Tinggalkan Makassar, Tapaki Trans Sulawesi Bidik Toraja

Kompas.com - 29/09/2015, 20:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Makassar, KompasOtomotif - Setelah dilepas dari dealer ekslusif Datsun Latimojong, Makassar, Senin (28/9/2015), rombongan Datsun Risers Espedition (DRE) langsung mengeksplorasi alam Makassar dan objek menarik sebelum meninggalkan Ibu Kota Sulawesi Selatan itu.

Beberapa objek disinggahi, mulai dari benteng Fort Rotterdam, kawasan Losari, hingga mengeksplorasi keindahan bawah laut Pulau Samalona. Selain lebih mengenalkan merek Datsun, salah satu tujuan dari perjalanan ini juga menjadi ajang eksplorasi budaya dan pariwisata terpendam di sekitar rute yang ditempuh.

Lima Datsun Go diikuti beberapa mobil lain pun hari ini, Selasa, (29/9/2015), meninggalkan Makasar untuk menyusuri Trans Sulawesi menuju Toraja. Jalur yang akan ditempuh adalah Makassar-Toraja-Bulukumba-Makasar.

Selain mengeksplorasi nikmatnya berkendara dengan Datsun Go, objek menarik yang akan disinggahi adalah Ketekesu, desa wisata yang terdapat beberapa tongkonan (rumah adat masyarakat Toraja) berdiri berjajar. Sebagian rumah adat di sini diperkirakan berusia 300 tahun.

Paling menarik tentu Kubur Baru Alam Londa, kuburan batu yang disusun di sebuah bebatuan curam yang terletak di Rantepao. Lalu, rombongan juga akan mengunjungi pembuatan kapal phinisi yang menjadi alat transportasi laut tradisional masyarakat Bugis.

Total perjalanan etape ketiga Sulawesi mencapai 900 km. Risers peserta DRE diajak menyebarluaskan cerita mereka melalui media sosial masing-masing untuk menginformasikan betapa banyak objek tersembunyi yang jarang diekspos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com