Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peugeot Mau Bangun Pabrik Rp 10 T di Indonesia

Kompas.com - 18/09/2015, 14:01 WIB


Jakarta, KompasOtomotif - Kabar mengejutkan datang dari Perancis, PSA Peugeot-Citroen dikabarkan tengah bersiap diri mau membangun pabrik perakitan mobil di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung kabarnya perusahaan otomotif terbesar asal Negeri Anggur ini menyiapkan dana sampai 700 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan 10,13 triliun.

Informasi ini diperoleh dari sumber yang dekat dengan perusahaan dan mengetahui betul rencana tersebut. Kepada KompasOtomotif, sumber menjelaskan kalau opsi PSA Peugeot-Citroen ke Indonesia berkaitan dengan rencana ekspansi bisnis secara global.

"Sebenarnya rencana awal Peugeot itu (membidik) China, tapi sudah telat masuk dibandingkan merek lain, seperti Volkswagen, General Motors, Mercedes-Benz, dan merek Eropa lain yang sudah establish di sana. Kini, mereka mencari alternatif pasar lain, ASEAN jadi bidikan utama dan Indonesia mau dijadikan basis produksi dan ekspor," kata sumber itu menjelaskan di Jakarta, akhir Agustus 2015 lalu.

Sudah Survei

Kerseriusan prinsipal otomotif asal Perancis terhadap Indonesia kabarnya sudah memasuki tahapan studi kelayakan bisnis. Sejumlah eksekutif perusahaan bahkan sudah menyambangi beberapa lokasi potensial untuk mendirikan pabrik, di salah satu kawasan industri di dekat Jakarta, Juli 2015 lalu.

"Jika tidak ada rintangan, pembangunan pabrik bisa dilakukan mulai 2017," kata sumber itu lagi.

Guna memperkuat argumentasi, KompasOtomotif lantas menghubungi Constantinus Herlijoso, Cheif Executive PT Astra International Tbk-Peugeot Sales Operation. Ketika ditanyakan rencana ini, tidak menampik informasi tersebut.

"Mudah-mudahan lancar, cuma kita belum tahu bagimana, belum ada pernyataan resmi dari sana (PSA Peugeot Citroen)," kata Herli, Jumat (18/9/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com