Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smart ForTwo Disulap Jadi Arena Konser

Kompas.com - 16/05/2015, 09:55 WIB
Munich, KompasOtomotif - Smart ForTwo sejatinya adalah mobil ringkas (compact) yang hanya mampu menampung dua penumpang. Tentu saja dimensi dan kapasitas kabin dirancang terbatas menyesuaikan konsep "mungil".

Tapi, kali ini ada kreasi terbaru dari Smart dan porodusen audio global, JBL. Satu unit Smart ForTwo disulap menjadi arena konser yang memiliki sistem tata suara dengan piranti dalam jumlah banyak.

JBL membenamkan 16 speaker, dua subwoofer dan lima amplifier di dalam kabin ForTwo. Untuk menghubungkan semua piranti tersebut, dibutuhkan tak kurang dari 100 meter kabel dan total 10 meter persegi material yang digunakan dalam proses pengerjaannya.

Hasilnya, mobil imut ini menjadi sebuah kotak suara dengan tata audio apik. Di belakang tertanam subwoofers dengan diameter 30 cm. Sisanya diselipkan di panel pintu dan juga dashboard depan.

Sebagai piranti penyedia prosesor yang membaca sinyal digital, digunakan merek Masconi. Alat ini bisa memainkan berbagai format suara seperti gelombang, flac, lossless dan MP3. File audio dapat ditransfer melalui A2DP (Advanced Audio Distribution Profile) dari ponsel pintar dan tablet yang menggunakan Windows Mobile, IOS dan sistem operasi Android.

Total output maksimum mencapai 5.720 watt. Bila dimaksimalkan, tentu akan menghasilkan suara menggelegar. Sayangnya, Smart ForTwo ini tidak dijual dan hanya dibuat satu unit saja sebagai mobil display.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com