Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pikap Mercedes-Benz Berbasis Nissan Navara

Kompas.com - 01/04/2015, 16:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Frankfurt, KompasOtomotif – Kabar mengejutkan datang dari Wall Street Journal yang mengatakan pikap terbaru Mercedes-Benz dirancang menggunakan platform Nissan Navara. Informasi itu didapat dari dua orang sumber yang mengerti strategi ini.

Sebelumnya Mercedes-Benz telah memproklamirkan rencana melahirkan model di segmen pikap sebelum 2020. Model komersial itu dikembangkan dan didesain oleh divisi Mercedes-Benz Van dengan target Eropa, Amerika Latin, dan Afrika Selatan. Belum ada keputusan apakah akan dipasarkan di “negara pikap” seperti Amerika Serikat dan Thailand.

Kristianto Purnomo/ Kompas Images Nissan All-New NP300 Navara beraksi di savana Gunung Tambora, Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Spekulasi yang beredar, arsitektur pikap terbaru Mercedes-Benz dirancang dari generasi ke-12 Navara, sementara teknologi mesin didukung teknologi Daimler untuk empat atau enam silinder.

Induk Mercedes-Benz, Daimler, memang telah menjalin berbagai kesepakatan industri dengan aliansi Renault-Nissan. Termasuk kerja sama pengembangan mesin, melahirkan Smart ForTwo dan Renault Twingo, serta memasok mobil komersial untuk Mercedes-Benz dengan van Nissan NV350.

Dikatakan kedua pihak sudah berada pada titik kemajuan tinggi namun masih tetap membicarakan hal lain, detail kerja sama masih belum lengkap. Sementara itu Daimler menolak memberikan komentar terkait hal ini. “Sesuai peraturan, kami tidak mengomentari spekulasi apapun tentang proyek masa depan,” ujar salah satu sumber Daimler kepada Automotive News, Selasa (31/3/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com