Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Makin "Jatuh Cinta" dengan India

Kompas.com - 27/03/2015, 10:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Ahmedabad, KompasOtomotif - Jangan kaget jika di masa depan Anda membeli Ford di masa depan ternyata produk buatan India. Pasalnya, merek asal Dearborn, Amerika Serikat itu berencana memperbesar jumlah ekspor mobil dari India, sampai tiga kali lipat.

Rencana ini disampaikan setelah Ford meresmikan pabrik barunya senilai 1 miliar dollar AS di Ahmedabad, Gujarat, India, dilansir Reuters, Kamis (26/3/2015). Fasilitas ini akan menjadi salah satu pabrik dengan teknologi otomatisasi terbesar di Asia untuk Ford, sekaligus memperbesar kapasitas produksi untuk memenuhi pasar domestik dan ekspor.

Dengan diresmikannya pabrik baru, kapasitas Ford di India menjadi hampir dua kali lipat, 610.000 unit mesin dan 440.000 unit mobil per tahun. Pabrik ini akan merakit mesin untuk mobil kompak, seperti EcoSport, SUV kompak, termasuk sedan Figo Aspire.

"India sangat kompetitif dari segi biaya produksi, sangat penting terutama untuk mobil kompak," jelas Mark Fields, CEO Ford dalam peresmian pabrik barunya.

Meski berambisi menaikan ekspor sampai tiga kali lipat, tapi Fields masih belum mau menjawab, kapan rencana itu bisa terjuwud. Mobil kompak menjadi jurus jitu Ford untuk bisa berkompetisi di Asia, terutama India. Komposisi pasar jenis kendaraan ini setara dengan satu dari setiap dua kendaraan penumpang yang terjual di India.

Penjualan Ford tahun lalu tercatat 77.140 unit di India, turun dari sebelumnya (2013) 80.431 unit. Di sisi lain, ekspor Ford melesat tajam, hampir dua kali lipat, mencapai 76.981 unit, tahun lalu. Sebagai pembanding, pemimpin pasar di India, Maruti menjual 81.564 unit mobil penumpang di tahun yang sama.

Meskipun turun, porsi pasar Ford di India sudah setara dengan pasar terbesar keenam di dunia. Dari total industri, pertumbuhan penjualan tahun lalu hanya naik 2 persen, sedangkan tahun ini diprediksi akan kembali bergeliat, naik menjadi 6-8 persen, periode tahun fiskal 2015, di mulai April. Ford juga menargetkan bisa melipatgandakan penjualannya di India pada 2020.

Tiga Model

Fields melanjutkan, Ford sudah siap melepas tiga model baru untuk India dalam 12-18 bulan ke depan. Tapi, belum mau menyebutkan jenis maupun segmen yang disasar. Pemerintah India, di bawah kendali Perdana Menteri Narendra Modi berambisi untuk terus mendorong kegiatan manufaktur.

Upaya ini dilakukan demi mendorong pembukaan jumlah lapangan kerja baru bagi masyarakat. Maklum, setiap bulan ada 1 juta angkatan kerja baru yang butuh pekerjaan di India.

Pabrik Ford berdiri di atas lahan 460 acre (1,8 juta meter persegi), memiliki kapasitas produksi hingga 240.000 unit mobil dan 270.000 unit mesin per tahun.

"India akan menjadi sangat menarik (sebagai basis ekspor) kaena biaya produksi murah dan ada harapan kalau dollar menguat, akan lebih menguntungkan bagi eksportir," tukas Abdul Majeed, mitra dan ahli otomotif di PriceWaterhouse India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com