Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha R25 Standar Bisa Ditambah ABS, tetapi...

Kompas.com - 02/03/2015, 16:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif — Pemilik Yamaha R25 versi non-ABS bisa saja menambahkan peranti ABS jika mau. Namun, menurut Yamaha Indonesia, hal ini tidak direkomendasikan mengingat rumitnya pemasangan dan banyaknya peranti yang harus diubah.

"Bisa diubah kalau mau. Tapi kami tidak menyarankan, karena ada 91 item perbedaan antara versi non-ABS dan ABS. Bisa dibayangkan, banyak sekali perubahan yang harus dilakukan. Kalau mau ganti, akan lumayan mahal," kata M Abidin, GM Motorsport and Aftersales Yamaha Indonesia, di Sentul, Senin (2/3/2015).

Komponen utama yang akan rumit diubah termasuk komponen pelek, dudukan sensor, unit engine control, sensor-sensor, hydrolic unit, sampai kabel-kabel juga dikatakan bakal berbeda pemasangannya. Tak ketinggalan, dudukan untuk sensor pada roda juga menjadi poin perubahan yang cukup rumit.

Dipertimbangkan

Meski tidak direkomendasikan, Yamaha Indonesia tetap mempertimbangkan untuk menjual komponen-komponen tersebut secara terpisah, meski akan jauh lebih mahal ketimbang selisih harga versi non-ABS dan ABS, yakni Rp 6 juta.

"Kami akan pikirkan lagi karena jatuhnya akan jauh lebih mahal. Saat ini masih menjadi pertimbangan. Lagi pula, ada segmennya masing-masing. Tidak semua orang butuh ABS, bahkan ada sebagian penggemar yang cukup memainkan tangannya saat mengerem," kata Abidin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com