Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geliat Pasar Taksi di Indonesia

Kompas.com - 29/01/2015, 08:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pasar taksi jenis sedan kompak sedang lesu, sepanjang 2014 volume penjualan hanya tercatat 7.342 unit, padahal pada 2013 kebutuhan alat transportasi umum ini mencapai 13.171 unit. Jumlah pemain berkurang, meski begitu penguasa tetap sama yaitu Toyota.

Buat Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, tentu tidak asing lagi dengan Toyota Limo alias Vios versi taksi. Limo menjadi model yang paling banyak digunakan para operator taksi.

Tahun lalu Toyota Astra Motor (TAM) melalui kelompok dealer terbesar Toyota Auto 2000 menambah 6.697 unit Limo. Kebanyakan Limo berwarna biru atau putih, Kemas Henry Kurniawan Communication & Digital Marketing Department Head Auto2000 mengatakan pembeli terbesar Limo ada dua, yaitu Blue Bird dan Express.

Manajer Humas TAM Rouli Sijabat mengatakan, Limo bisa menjadi andalan sebab didukung kualitas produk serta layanan perawatan dan suku cadang yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kami bersukur atas pencapaian tersebut dan tentunya berterima kasih atas kepercayaan pelanggan. Tidak hanya untuk para pengusaha angkutan umum taksi yang telah memilih dan menggunakan Toyota Limo, tetapi juga para penggunanya atas kepercayaan pada produk tersebut,” kata Rouli, Rabu (29/1/2015).

Model kedua taksi terlaris yaitu Nissan Almera sebanyak 502 unit. Semua unit digunakan Blue Bird Group setelah ikatan kerja sama dengan Nissan Motor Indonesia diresmikan pada awal 2014. Tempat ketiga diisi Hyundai Excel III 134 unit dan terakhir ada Toyota Etios sedan 9 unit.

Berkurang

Total ada tujuh model taksi yang ditawarkan pada 2013, namun tahun lalu menyusut menjadi empat model. Tiga model yang menghilang adalah Toyota Mark X, Kia Cerato, dan Chevrolet Kalos.

Kebutuhan taksi tergolong besar, pasar ini semakin dilirik banyak merek yang ingin membuka segmen baru atau mencari alternatif pemasaran sedan. Sepanjang 2014 ada beberapa merek yang mengatakan ingin masuk ke segmen taksi, di antaranya Kia dengan Rio sedan dan Tata Motors bersama Manza.

Total Taksi 2013
Toyota Limo 9.582 unit
Toyota Etios 2.196 unit
Toyota Mark X 9 unit
Kia Cerato 177 unit
Nissan Almera 498 unit
Hyundai Excel III 333
Chevrolet Kalos 376 unit
Total 13.171 unit

Total Taksi 2014
Toyota Limo 6.697 unit
Toyota Etios 9 unit
Nissan Almera 502 unit
Hyundai Excel III 134 unit
Total 7.342 unit

Sumber: Gaikindo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com