Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Motors Siapkan Manza sebagai Taksi di Indonesia

Kompas.com - 16/07/2014, 08:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) memandang ada peluang pasar di segmen sedan untuk perusahaan taksi. Penjajakan tengah dilakukan ke berbagai operator, dua bulan dari sekarang uji coba model segera terlaksana.

“Pasar sedan kecil di Indonesia, kurang favorit karena pajaknya lebih besar dibanding MPV. Sebab itu kami akan masuk ke segmen taksi dengan Manza,” papar Manoj Arora, GM Penjualan dan Pemasaran TDMI selepas buka bersama di Jakarta, Selasa (15/7/2014).

Manza pernah melantai di IIMS 2013. Di negeri asalnya, India, ditawarkan dua pilihan mesin, yakni Quadrajet90 diesel 4-silinder, 1.248 cc, bertenaga 90 PS dan 200 Nm. Satu lagi mesin bensin 4-silinder, 1.368 cc, berdaya 90 PS dan torsi 116 Nm.

Manoj tidak menerangkan soal pilihan mesin yang akan digunakan bila Manza menjadi mobil pekerja jasa. Tapi dari kacamata perusahaan pengguna tentu butuh model yang memenuhi kriteria ekonomis. Ada kemungkinan, Manza menjadi taksi sedan bermesin diesel yang pertama di Indonesia.

Masih ada nilai lebih yang ditonjolkan, yakni desain interior lega dengan ruang kaki luas yang nyaman untuk “tamu”. Sama seperti model Tata Motors lainnya, plat besi bodi Manza berukuran tebal, diklaim kokoh, kuat, dan tahan lama.

Di awal tahun kehadiran di Tanah Air, TMDI mengatakan tidak akan agresif memompa penjualan, langkah besar yang utama membangun pondasi kuat agar langgeng, lalu menjelma menjadi pemain lama. Kendati terhitung masih “seumur jagung” bukan berarti tanpa persiapan. Manza adalah salah satu dari 10 model yang akan diluncurkan hingga Maret 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com