Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
NAIAS 2015

Reinkarnasi Ford GT, Mobil Balap Tenaga Ultra

Kompas.com - 13/01/2015, 08:19 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Ford memperkenalkan generasi terbaru mobil super GT di ajang Detroit Auto Show, Senin (12/1/2015). Model ini lahir kembali, setelah terakhir diproduksi Ford periode 2005 hingga 2006.

Seperti dilansir Carscoop (12/1/2015), Ford mengatakan kupe bermesin tengah ini akan dibekali mesin V6, 3.5 liter, turbo ganda, berteknologi EcoBoost, menghasilkan tenaga lebih dari 600 tk, disalurkan ke roda belakang. Meskipun belum ada spesifikasi resminya, kabarnya mesin ini dikembangkan dari mobil balap prototipe Daytona dengan sistem transmisi 7-percepatan, kopling ganda.

Pabrikan asal Dearborn, AS, ini menggambarkan mobil ini sebagai "mobil balap bertenaga ultra" yang mengombinasikan teknologi sebagai mesin EcoBoost terkuat, aerodinamika, dan bobot ringan berkat konstruksi serat karbon. Ford baru mau memproduksi mobil ini akhir 2016 dan siap menantang dominasi mobil-mobil eksotis yang ada di pasar.

Desain

Dari tampilannya, Ford GT generasi baru terlihat tak menghilangkan ciri mobil balap GT dengan sentuhan lekuk tubuh yang modern. Beberapa ujung bodi dibuat lebih tajam dan agresif. Mobil ini menggelinding dengan pelek 20 inci dibalut ban Michelin Pilot Super Sport Cup 2. Ban ini menawarkan kompon karet unik yang didesain khusus untuk Ford GT.

Di dalam kabin, terdapat dua jok untuk pengemudi dan penumpang depan yang terintegrasi dengan bodi serat karbon. Pedal dan lingkar kemudi bisa diatur sesuai keinginan pengemudi. Setir bergaya mobil balap F1, berfungsi mengatur semua kebutuhan yang dibutuhkan pengemudi, termasuk naik atau menurunkan transmisi bisa dengan tuas (paddle shift).

Perkenalan Ford GT sengaja dilakukan tahun ini, bersamaan dengan peringatan ulang tahun ke-50 kemenangan Ford di kejuaran Le Mans pada 1966. Kala itu, mobil balap Ford GT berhasil menduduki peringkat pertama, kedua, dan ketiga dalam kejuaran bergengsi itu.

Autoblog Siap diproduksi akhir 2016, menantang dominasi mobil eksotis yang sudah ada di pasar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com