Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Rayakan Ultah Ke-30 M5 lewat Tayangan Khusus

Kompas.com - 08/01/2015, 19:32 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Autoblog

Munich, KompasOtomotif - BMW baru saja merayakan hari jadi ke-30 tahun untuk sedan sport M5. Perayaan tahun ini dilakukan dengan sederhana, melalui video berdurasi 2,57 menit, menjelaskan sejarah awal lahirnya generasi seri M di portofolio merek asal Jerman ini.

Dalam tayangan ini, BMW membeberkan generasi pertama seri M yang dikembangkan dari Seri 5, disebut M535i. Mobil bernapas balap ini diproduksi terbatas hanya 1.650 unit, periode 1980 sampai 1981. Saat ini, mungkin jumah unit yang masih layak jalan semakin minim di dunia, sekaligus menjadi barang koleksi yang berharga.

BMW Seri M lahir karena tren balap touring yang sedang booming kala itu. Merek premium Jerman ini kemudian membekali M535i dengan mesin V6, 3.5 liter menghasilkan tenaga 218 tk disalurkan ke ban belakang melalui sistem tranmisi 5 percepatan berkarakter balap. Kemampuan akselerasi 0-100 kpj bisa diraih dalam 7,5 detik, cukup mengesankan di era 1980-an.

Selain mesin, tampilan M535i juga berbeda dengan tipe Seri 5 standar. Mulai dari bemper dengan tambahan airdam khusus. Spoiler karet (duck tail) juga dilengkapi di belakang menambah kuat kesan balap, layaknya mobil-mobil keluaran era 1980-an. Kedua sisi bodi diberi sentuhan stiker biru merah. Joknya sudah dipasok dari Recaro, setir berdiameter lebih kecil dari model standar, sampai tuas transmisi juga beraksen balap.

Mau tahu seperti apa presentasi BMW M535i di zaman keemasannya? Simak video berikut ini!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com