Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Turun, Penjualan Daihatsu Naik Sedikit

Kompas.com - 07/12/2014, 12:30 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) boleh sedikit berbangga setelah mendapatkan situasi penjualan yang cukup memuaskan di November lalu. Pasalnya, kondisi pasar otomotif nasional yang mengalami penurunan, tapi Daihatsu malah mencatat kenaikan.

Dijelaskan Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM, pasar roda empat nasional mengalami penurunan di bulan lalu sebanyak tiga persen. Namun ADM mencatat hasil positif dengan mencapai kenaikan sebanyak tiga persen dibanding bulan sebelumnya.

"Bulan lalu kami mencapai penjualan 15.518 unit, sedangkan bulan sebelumnya hanya 15.100 unit. Ini artinya di saat pasar mengalami penurunan, Daihatsu malah mampu naik meski memang hanya sedikit," jelas Amelia saat ditemui di acara Pesta Sahabat Daihatsu, di Jakarta, Sabtu (6/12/2014).

Sumbangan penjualan terbesar datang dari segmen niaga Gran Max, lalu di segmen penumpang ada Xenia dan Ayla. Tapi Amelia tidak merinci secara detail berapa angka besaran yang dicapai masing-masing model tersebut.

Tidak revisi target
Meski ada gejolak di sepanjang 2014 seperti Pemilu dan Pilpres 2014 serta kenaikan harga jual BBM subdisi, ADM memilih untuk tidak mengubah target penjualan di 2014 ini. Masih seperti di awal tahun, Daihatsu optimis bisa mencapai angka penjualan 185.000 unit.

"Sejak awal meski kami tahu ada banyak kendala di 2014, Daihatsu tidak merevisi target. Sedikit lagi angka tersebut akan tercapai di sisa kurang dari satu bulan ini. Stok di jaringan pemasaran juga terbilang aman atau tidak menumpuk banyak," tutup Amelia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com