Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Michelin Segera Produksi Ban Tanpa Angin

Kompas.com - 16/11/2014, 09:04 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Turin, KompasOtomotif — Michelin kemungkinan besar akan menjadi produsen pertama yang memasarkan ban tanpa angin. Seperti dikutip Autoblog, Jumat (14/11/2014), manufaktur asal Perancis itu akan meresmikan pabrik yang khusus memproduksi model perdana, Tweel, di Piedmont, Turin, Italia, pada 20 November 2014.

Meski punya konsep luas, penggunaan Tweel masih sangat terbatas. Pabrik Michelin di Piedmont mencetak Tweel secara massal untuk kendaraan angkut merek John Deere. Kendati tidak resmi disebutkan, ada peluang bahwa pengembangan Tweel untuk otomotif benar-benar menjadi nyata.

Pengembangan Tweel telah dilakukan sejak 2005 lalu. Ide awalnya menggantikan peran kombinasi ban bertekanan udara dan pelek dengan satu komponen, yaitu ban tanpa angin. Teknologi ini diprediksi bakal mengubah cara kerja kendaraan. Michelin mengatakan, keuntungan terbesarnya adalah Tweel tidak akan pernah kempis seperti ban pneumatik.

Klaim lain, ban ini meningkatkan stabilitas dan traksi, lebih lembut meredam benturan sehingga memberikan kenyamanan bagi penumpang, lebih kuat, dan berumur tiga kali lebih panjang dari ban konvensional.

Autoblog Michelin akan meresmikan pabrik khusus produksi Tweel, di Piedmont, Turin, Italia pada 20 November 2014.

Berikut video yang memperlihatkan kelebihan Tweel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com