Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Fitur Penyempurna Mitsubishi Delica

Kompas.com - 18/10/2014, 12:43 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Sebagai produk mobil multiguna di segmen medium, Mitsubishi Delica tentunya tidak hanya sekedar meluncur dengan fitur standar. Harga Rp 409 juta (OTR DKI Jakarta), menjadi cerminan Delica punya sederet fitur-fitur yang bisa menambah kenyamanan dan keamanan penumpang.

KompasOtomotif berkesempatan langsung mengupas pada sesi media test drive Delica's Sumatera Adventure, yang mengambil tempat di Padang, Sumatera Barat, sampai dengan Pekanbaru, Riau, 13-16 Oktober 2014. Panjangnya waktu pengujian membuat awak redaksi bisa memperhatikan dengan seksama apa saja kelebihan MPV medium andalan baru PT Krama Yuda Tiga Berlian Motors (KTB) ini.

"Ada kemampuan Delica yang tidak dimiliki MPV lain, dengan kapabilitas yang bisa menambah tingkat kenyamanan dan keamanan berkendara di berbagai kondisi jalan layaknya sebuah SUV," jelas Duljatmono, Operating General Manager MMC Marketing Division PT KTB saat membuka acara test drive di Padang, Sumbar.

Sebelumnya sudah dibahas mengenai kapasitas kabin yang lapang sampai baris ketiga, sebagai salah satu nilai plus. Poin positif kembali bertambah dengan deretan fitur seperti ASC (Active Stability Control) yang bisa menjaga kestabilan kendaraan, ADA (Approach Departure Angle), RBF (Rib Bone Frame) untuk perlindungan maksimal selama perjalanan, LSS (Long Stroke Suspension) dan HGC (High Ground Clearance) 190 mm sebagai yang tertinggi di kelasnya.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Mitsubishi Delica dengan ground clearance tertinggi di kelasnya
Teknologi pintar yang tersemat juga memudahkan pengendara. Sebut saja AS&G (Auto Stop and Go), HSA (Hill Start Assist), serta Cruise Control. AS&G relatif sulit dilakukan karena perjalanan tidak bersua dengan lalu lintas yang padat, demikian juga dengan Cruise Control yang tidak bisa dirasakan karena kontur jalanan dengan tanjakan, turunan dan tikungan tajam.

Namun, HSA menjadi fitur yang sangat membantu pengendara saat melibas tanjakan dan tikungan sempit. Mobil sempat beberapa kali berhenti karena bertemu dengan kendaraan lain di tanjakan, dan HSA menahan mobil beberapa saat ketika melepas pedal rem.

Sementara buat fitur keamanan bila terjadi kecelakaan, sudah terpasang Dual SRS airbag di depan, plus airbag untuk lutut pengendara. Tujuh titik sabuk pengaman terpasang di kursi untuk memastikan penumpang tetap berada di tempatnya bila terjadi pengereman mendadak atau kecelakaan. Tentunya sistem rem juga sudah dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System) dan BA (Brake Assist).

Sarana hiburan
Smart Entertainment System, dengan audio 2DIN menjadi sarana hiburan selama perjalanan. Selain CD/DVD dan radio, head unit ini terkoneksi dengan USB dan Bluetooth. Kabel USB ada di kompartemen bawah sisi kiri dasbor. Ada juga sistem navigasi (GPS) sebagai penunjuk jalan, serta menampilkan kamera belakang saat transmisi berada di posisi R (mundur).

Sistem audio diperkuat dengan empat speaker utama di sisi pintu depan dan tengah. Awak redaksi sempat mencoba volume sampai level 15. Suara yang keluar cukup jernih, dan rasanya tidak terlalu perlu melakukan ubahan pada sistem audio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com