Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Pastikan Wagon R Matik Hadir Tahun Depan

Kompas.com - 11/10/2014, 16:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Berita terbaru tentang varian matik Karimun Wagon R kembali muncul ke permukaan. Setelah mengungkapkan tengah penyesuaian transmisi baru dengan regulasi LCGC pada Juli lalu, kini Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengeluarkan pernyataan Karimun Wagon R matik meluncur tahun depan.

“Tahun depan kami akan meluncurkan varian matik Wagon R,” ujar Doni Saputra, Head of Product Development SIS 4R saat konferensi pers di sela media test drive Wagon R GS dan New APV Luxury di Tangerang, (10/10/2014).

Sebelumnya SIS mengatakan, salah satu penyebab distribusi “mobil murah” seakan bergeser ke luar Jakarta karena baru dua merek yang menawarkan transmisi matik, tiga lainnya (termasuk Suzuki belum punya.

Dari riset yang telah dilakukan SIS, transmisi matik bisa mendominasi hingga 40 persen pada satu merek. Sementara itu secara total di segmen LCGC, sumbangan matik lebih dari 15 persen berasal dari kota-kota besar seperti Semarang dan Surabaya.

Inilah yang menjadi alasan Wagon R akan punya varian matik, SIS juga ingin mengembangkan pasar. Davy J Tuilan, 4W Sales, Marketing & DND Director yang juga menjadi nara sumber saat konferensi pers enggan menjelaskan lebih jauh. Namun ada indikasi transmisi lokal diproduksi di dalam negeri agar menjaga regulasi komponen lokal.

Kondisi sekarang SIS masih menunggu perizinan dari pemerintah terkait revisi harga jual Wagon R. Kemungkinan besar penyesuaian akan dilakukan setelah 1 November 2014 yang merupakan hari kelahiran Wagon R di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com