Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CBR150R Lokal Langsung "Disiksa" di Sirkuit

Kompas.com - 08/09/2014, 18:58 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Karena peluncuran Honda All-New CBR150R bersamaan dengan ajang Honda Racing Championship (HRC) Seri ke-4, Minggu, (7/9/2014), PT Astra Honda Motor (AHM) melepas kelas eksibisi yang menggunakan sepeda motor rakitan lokal tersebut.

Inilah pembuktian bahwa nuansa racing pada model baru itu tak hanya sebatas penampilan, namun juga bicara soal performa.

12 pebalap binaan AHM ditunjuk untuk menunggangi CBR150R yang sudah diseting ringan menjadi sepeda motor balap. Mereka adalah A. M. Fadly, Gerry Laurens, M. Nurgianto, Gede Arya, Wahyu Widodo, Owie Nurhuda, Willy Hammer, Wawan Hermawan, Iswandi Muis, Rifki M. Fauzi, Okky Lukman, dan Gilang Pranata.

Setelah beberapa putaran, akhirnya balapan dimenangi oleh pebalap 14 tahun, A.M Fadly dari ASP Racing Team, disusul Owie Nurhada dari Honda Oei Kukar KYT IRC, dan posisi ketiga ditempati Wawan Hermawan dari Astra Motor Racing Team.

Dengan tidak mengutak-atik spesifikasi mesin standar, sepeda motor ternyata sangat lincah dan cukup kencang. Perubahan hanya sebatas mengganti knalpot, pijakan kaki, setang, ECU, dan ban. Selebihnya standar, sama seperti versi yang dijual di pasaran.

”Pertama kali mencoba saya juga kaget. Ternyata sangat lincah seperti naik sepeda motor bebek. Rasanya memang mirip CB150R juga, tapi yang ini lebih nyaman,” kata Wawan Hermawan usai balapan kepada KompasOtomotif.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Agustinus Indraputra mengatakan bahwa, balapan 150cc ini didesain untuk menyiapkan dan membiasakan pebalap binaan AHM bertarung di sirkuit balap menggunakan motor jenis sport.

”Harapannya, ajang ini bisa menjadi pijakan kuat saat para pebalap ini berkiprah di ajang balap internasional. Apalagi All New Honda CBR150R memang memiliki DNA balap yang kuat,” terang Indra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com