Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Ini Menewaskan Pengguna Jalan karena Mengemudi Sambil Bermain Ponsel

Kompas.com - 07/09/2014, 16:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Dakota Utara, KompasOtomotif - Abby Sletten, wanita berusia 20 tahun asal Hatton, Dakota Utara, terancam hukuman penjara bertahun-tahun, karena tuduhan lalai berkendara dan menghilangkan nyawa orang lain. Tersangka diketahui tengah bermain telepon selular (ponsel) dan surfing di laman Facebook, sampai akhirnya menabrak kendaraan di depannya dalam kecepatan 85 mph (136,7 kpj) di tol Dakota Utara. Akibatnya, Phylis Gordon, nenek berusia 89 tahun tewas karena kecelakaan yang terjadi.

Pertama-tama, menjamurnya ponsel pintar berbasis android dan iOS sempat menjadi masalah besar di jalan raya, karena banyak pengemudi mengalihkan perhatiannya di jalan sambil ngobrol. Ketika, teknologi "handsfree" menjamur, jumlah kecelakaan di jalan sempat berkurang. Kini, kondisi jalanan kembali mengancam karena menghadapai masalah yang lebih serius, yakni situs jejaring sosial.

Semakin banyak pengemudi terlibat dalam kecelakaan, terbukti mereka lagi sibuk melihat atau berinteraksi dengan kehidupan sosial virtual ketimbang memperhatikan jalan. Faktanya, sembilan nyawa melayang setiap hari di jalan dan lebih dari 1.060 orang cidera karena kecelakaan yang melibatkan pengemudi yang tidak konsentrasi. Kondisi ini berpotensi bisa lebih besar lagi, jika terus dibiarkan.

Dalam kasus ini, disesalkan nenek dari Minnesota Phyllis Gordon harus menjadi salah satu korban kelalaian berkendara. Abby dikabarkan tengah mengetik menggunakan ponselnya sambil membuka laman Facebook. Kejadian itu berlangsung di persimpangan 29 menuju Grand Fork, 27 Mei 2014 lalu, ditulis Star-Tribune media lokal Minniapolis, dilansir Autoevolution (4/9/2014).

Pihak kepolisian telah menyelidiki ponsel Abby dan menuduh kalau dirinya lagi melihat foto di Facebook, ketika terjadi kecelakaan. Abby juga sudah mengirim dan menerima beberapa SMS ketika mulai berkendara dari Fargo. Salah satu saksi di jalan yang mengarah pada jalan yang sama mengatakan, ia tengah berkendara dalam kecepatan 80 mph dan dilalui kendaraan Abby dari sisi kiri. Menurut saksi itu, lampu rem mobil Abby tidak menyala dan menabrak kendaraan SUV di depannya.

Kini, Abby Sletten harus menghadapi perilakunya yang buruk di hadapan Pengadilan Distrik Traill County karena membunuh Phylis Gordon dari Minnesota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com