Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Habiskan Rp 11,6 T di Meksiko

Kompas.com - 28/08/2014, 08:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Mexico City, KompasOtomotif - Kia Motor Corporation siap membangun pabrik pertamanya di Meksiko. Pabrik ini berdiri sebagai upaya mengimbangi rival Eropa dan Asia lain yang juga tengah menambah kapasitas produksi.

Dilansir Bloomberg, Rabu (27/8/2014), Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto mengatakan, perusahaan asal Korea Selatan itu akan menghabiskan dana lebih dari 1 miliar dollar AS (Rp 11,6 triliun) untuk membuka pabrik baru ini. Langkah itu juga diikuti dengan masuknya sejumlah perusahaan komponen penunjang dengan nilai investasi hingga 1,5 miliar dollar AS (Rp 17,5 triliun).

Wakil Komisaris Kia Lee Hyong-Keun menjelaskan, pabrik barunya itu punya kemampuan produksi hingga 300.000 unit per tahun dan mulai beroperasi pada paruh pertama 2016. Komitmen baru dari Kia otomatis memperbesar kekuatan Meksiko sebagai salah satu basis produksi otomotif di dunia.

Menurut Asosiasi Industri Otomotif Meksiko, kapasitas produksi mobil nasional Meksiko untuk pertama kalinya akan menembus angka 3 juta unit di tahun ini. Sejumlah investasi baru, termasuk dari Nissan, Honda, dan Mazda ikut menambah kapasitas produksi.

"Hadirnya perusahaan Korea di Meksiko, praktis semua produsen global otomotif akan hadir di negara ini. Ini juga akan memicu investasi lebih besar dari perusahaan komponen juga dari Korea," beber Armando Soto, Presiden Kaso & Asociados, konsultan industri otomotif.

Pena Nieto belum menjelaskan secara spesifik model apa yang mau diproduksi di Meksiko. Tapi, yang pasti, pabrik baru ini akan dibangun di wilayah Pesqueria, dekat Monterrey.

"Punya banyak pilihan untuk investasi di negara manapun, perusahaan transnasional seperti Kia Motors justru memilih Meksiko. Ini membuktikan kepercayaan investor global pada kondisi Meksiko sekarang maupun masa depan," beber Pena.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com