Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Indonesia Siapkan Sedona dan Forte Tahun Depan

Kompas.com - 20/07/2014, 16:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Kia Mobil Indonesia (KMI) tak hentinya memasarkan model-model global ke pasar Tanah Air. Setelah peluncuran model terbaru Morning, Juli lalu, ternyata merek dari Korea Selatan (Korsel) itu sudah punya dua amunisi tambahan.

Harry Yanto, Manajer Pengembangan Jaringan dan Penopang Pemasaran KMI mengatakan, tahun ini agen tunggal pemegang merek (ATPM) sudah tidak punya lagi amunisi untuk dikeluarkan ke pasar. Bahkan, untuk gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS), September 2014, dipastikan Kia tidak menampilkan model baru.

"Di IIMS kami akan melakukan modifikasi dari model-model yang sudah ada untuk penyegaran, tapi tahun depan sudah ada dua model baru," jelas Harry di Jakarta Selatan, Jumat (18/7/2014).

Sedona
Kedua model yang disiapkan, jelas Harry, salah satunya adalah generasi terbaru Sedona 2015 yang baru saja diluncurkan, beberapa bulan lalu. Di Indonesia, Sedona menggunakan nama Carnival yang merupakan kendaraan multi guna (MPV) atas.

"Kedua model baru belum bisa dipasarkan tahun ini karena produksi di Korea Selatan untuk kendaraan setir kanan baru dilakukan September 2014. Artinya, masih butuh waktu bagi KMI untuk bisa memboyong kedua model," lanjut Harry.

Sedona baru dibekali mesin baru Lambda Gasoline Direct Injection (GDI), 3.3-liter, V6, menggantikan model lama yang masih menggunakan 3.5-liter V6. Jantung pacu ini dipadukan dengan transmisi 6-percepatan otomatis, menghasilkan tenaga 275 PS pada 6.000 rpm. Mesin ini sama dengan yang digunakan pada Sorento.

Kia/Netcarshow Kia Forte akan menantang dominasi Toyota Corolla Altis dan Honda Civic di segmen sedan kecil.
Forte
Untuk model kedua, Harry masih belum gamblang menyatakan apa modelnya, tetapi memberikan petunjuk jelas. "Untuk model satu lagi, saya tidak bisa bilang karena belum pasti. Tapi, sekarang sudah mulai dijual oleh Importir Umum di Indonesia," beber Harry.

Berdasarkan informasi ini, KompasOtomotif kemudian melakukan penelusuran dan menemukan kalau model kedua yang disiapkan Kia, adalah Forte. Sedan kecil ini pertama kali diperkenalkan di Los Angeles Auto Show 2012 lalu. Dipasarkan dalam dua varian, LX dengan mesin 1.8 liter dan EX 2.0 liter.

Untuk 1.8 liter menghasilkan tenaga 148 PS disalurkan ke penggerak roda depan. Tersedia opsi transmisi manual 6-percepatan atau otomatis. Sementara, 2.0 liter menawarkan tenaga 173 PS dengan satu pilihan transmisi 6-percepatan otomatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com