Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia Volvo XC90 Jadi Mobil Paling Aman

Kompas.com - 23/07/2014, 15:30 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Stockholm, KompasOtomotif - Volvo merilis detail lengkap dari generasi terbaru XC90. Dibeberkan beragam fitur canggih dan struktur bodi yang diklaim terbaik, menjadikan All-New XC90 sebagai mobil paling aman di dunia.

Insinyur Volvo memberikan tambahan pengembangan pada sistem Parking Assist Pilot. Sistem ini mengintegrasikan sensor dan 12 kamera, yang bisa memberikan pandangan 360 derajat. Pengemudi bisa parkir paralel atau parkir seri secara otomatis.

Pada parkir paralel, sensor secara otomatis memindai tempat sejajar, dengan mengidentifikasi slot parkir berukuran 1,2 kali lebih panjang dari bodi XC90. Sedangkan pada parkir seri, sensor akan mencari ruang yang pas dengan lebar bodi.

Leftlanenews Fitur Parking Assist Pilot di Volvo XC90
Model ini juga sudah mendapatkan paket standar keselamatan yang paling canggih di dunia. Ada fungsi auto-brake yang bisa mengaktifkan rem secara otomatis, saat berada di persimpangan.

"Titik awal kami ada pada keselamatan, sama seperti yang kami canangkan 87 tahun lalu. Kami mempelajari data dan kami berinovasi. Hasilnya adalah, XC90 menjadi salah satu mobil paling aman yang pernah dibuat," kata Wakil Presiden Senior Volvo R&D Dr Peter Mertens, seperti dilansir Leftlanenews, Rabu (23/7/2014).

Volvo juga mengembangkan teknologi keselamatan yang bertujuan mengurangi cedera akibat kecelakaan. Jika XC90 mulai melaju, ada material yang menyerap energi antara jok dan rangka bodi. Material ini bisa mengurangi kekuatan vertikal, saat terjadi kecelakaan. Sabuk pengaman juga diperketat untuk membantu menjaga posisi penumpang.

"Pengalaman adalah contoh lebih lanjut tentang bagaimana teknologi baru bisa menghadapi situasi nyata di jalan raya. Kami sudah semakin dekat dengan target bahwa pada 2020 tidak akan ada lagi pengemudi atau penumpang Volvo yang tewas atau terluka parah akibat kecelakaan," tambah Spesialis Teknis Keamanan Volvo Prof Lotta Jakobsson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com