Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Kepincut Teknologi Komunikasi Antar Mobil

Kompas.com - 16/07/2014, 13:20 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Sumber autonews
Washington, KompasOtomotif - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, mendukung penuh rencana pengeluaran anggaran negara, yang ditujukan buat pengembangan proyek transportasi.

Obama tertarik menyoroti penelitian yang didukung Pemerintah AS, pada teknologi yang dikembangkan oleh produsen termasuk Ford Motor Co dan Toyota Motor Corp. Teknologi terbaru yang sedang dikembangkan ini memungkinkan mobil untuk berkomunikasi satu sama lain.

Obama yang melakukan kunjungan ke Turner-Fairbank Highway Research Center di McLean, menyempatkan diri untuk menjajal duduk di belakang kemudi simulator, dan mendemonstrasikan teknologi talking cars tersebut.

"Sebagai ayah dari seorang putri yang baru menginjak usia 16, setiap teknologi baru yang membuat mengemudi lebih aman, adalah penting bagi saya," kata Barack Obama seperti dilansir Bloomberg, Rabu (16/7/2014).

Kunjungan ke Turner-Fairbank Highway Research Center tersebut memang difokuskan pada  teknologi untuk mengurangi kemacetan dan menghindari tabrakan kendaraan. Obama bisa melihat cara kerja sebuah sistem yang memungkinkan mobil untuk "berbicara" satu sama lain, yang menghindari tabrakan dan mengatur arus lalu lintas.

Regulator transportasi AS menyebutkan, teknologi ini adalah lompatan jauh dalam pengembangan keamanan berkendara. Data di AS menunjukan, jalan raya membunuh lebih dari 30.000 orang setiap tahunnya. Diharapkan, angka itu bisa berkurang dengan terus adanya pengembangan teknologi yang fokus pada sisi keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com