Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik GM Meledak, Satu Pekerja Tewas

Kompas.com - 03/07/2014, 09:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotifPabrik General Motors (GM) meledak di dekat Fort Wayne, Indiana, Amerika Serika. Insiden tersebut mengakibatkan satu orang pekerja tewas dan delapan orang luka-luka. Dugaan sementara, kecelakaan itu disebabkan oleh ledakan bahan kimia yang digunakan di pabrik.

Ledakan terjadi Selasa (2/7/2014) sekitar pukul 13.50 waktu setempat, dan bantuan darurat segera dipanggil untuk menolong di fasilitas pencetakan di Marion. Jumlah korban tersebut telah dikonfirmasi oleh Wakil Kepala Kepolisian setempat Cliff Sessoms.

Menurut Bill Grotz, juru bicara GM, pekerja yang meninggal dunia merupakan karyawan kontrak. Empat korban lain yang dibawa ke rumah sakit terdekat mengalami luka tidak fatal. Sedangkan empat korban sisanya, tidak perlu mendapat penanganan medis. 

"Ketika ledakan terjadi, pegawai langsung dievakuasi, pihak pemadam kebakaran dan petugas darurat lain beraksi cepat. Duka dan simpati yang terdalam bagi anggota keluarga korban yang kehilangan," jelas Grotz dilansir Bloomberg (2/7/2014).

Dalam pernyataan terpisah, Quaker Chemical Corporation, perusahaan spesialis di bidang bahan kimia mengumumkan, kalau korban meninggal dunia merupakan karyawan mereka. 

GM menyatakan, kecelakaan itu berhasil ditangani dengan cepat dan pabrik sudah kembali beroperasi, siang itu juga. Tapi, jam kerja tiga ditiadakan dan pegawai yang masuk pada shift pertama dipulangkan, supaya besok kegiatan operasional bisa kembali normal lagi. Pihak kepolisian dan aparat setempat melakukan penyelidikan guna mengungkap mengapa terjadi kecelakaan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com