Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shell Rangsang Jiwa Wirausaha Muda Indonesia

Kompas.com - 03/06/2014, 10:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Shell Indonesia kembali menggelar Shell Live WIRE Bussiness Start Award (BSA) 2014, kompetisi bagi wirausaha muda pemula, yang tahun ini memasuki penyelenggaraan tahun kedelapan. Dua pemenang ”musim” 2014 akan dinominasikan untuk Shell LiveWIRE International Hall of Fame. Pendaftaran sudah dimulai sejak April dan berakhir pada 15 Juli 2014.

Ajang tahunan yang telah diadakan sejak 2006 ini tak hanya berhasil menarik minat ribuan wirausaha muda pemula, tetapi juga mencetak lebih dari 100 wirausaha yang terpilih sebagai pemenang. Tahun ini, jumlah peserta diharapkan meningkat, yaitu para wirausaha muda pemula berusia antara 18-32 tahun, dan telah menjalankan usahanya 3-24 bulan.

Pada awal penyelenggaraan, bidang usaha yang paling banyak digeluti para peserta maupun finalis adalah bidang fashion dan kuliner. Tetapi, tiga tahun terakhir, ajang ini mulai dipenuhi finalis dari bidang lain seperti teknologi informasi dan jasa.

Richard, misalnya, salah satu finalis 2013, mengusung bisnis jasa melukis dinding atau lebih dikenal dengan istilah ”mural”, bidang yang belum banyak dilirik di Indonesia sebagai bisnis. Lewat kreativitas dan inovasinya dalam menawarkan jasa lukis dinding, usaha Richard kini menjadi pilihan bagi perusahaan maupun institusi yang memerlukan, misalnya Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Melalui kerjasama dengan KPU, karya Richard dan rekan-rekan, mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pemilihan Umum 9 April 2014 lalu, telah menghiasi sembilan titik di berbagai lokasi di DKI Jakarta.

Pemenang
Shell LiveWIRE merupakan program Social Investment Shell yang dilaksanakan di 17 negara termasuk Indonesia. Shell Indonesia menyiapkan hadiah uang tunai Rp 25 juta per orang bagi 10 pemenang, serta mendapat kesempatan mengikuti pelatihan selama dua tahun.

Selain itu, pemenang berkesempatan menjadi anggota ”Shell LiveWIRE International Hall of Fame”, kelompok wirausaha terbaik yang mendapatkan manfaat dari program tersebut di seluruh dunia. Saat ini, ada 23 orang pemenang dari seluruh dunia yang masuk ke dalam Shell LiveWIRE International Hall of Fame. Empat di antaranya dari Indonesia.

Beberapa pemenang bahkan berhasil merambah pasar internasional. Salah satunya Ariyadi Yunianto, pemenang tahun 2011, sukses memboyong produk keperluan spa di bawah merek Cendani SPA ke beberapa negara di Asia Tenggara. Saat ini bisnisnya juga sudah mulai merambah di bidang minuman herbal instan untuk kecantikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com