Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Toyota Indonesia Bertambah 6 Persen

Kompas.com - 06/05/2014, 09:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil mengekspor 33.327 unit mobil secara utuh (CBU), periode kuartal pertama 2014. Hasil ini naik 6 persen diabndingkan periode yang sama tahun sebelumnya cuma 31.501 unit. 
 
Sumbangan terbesar datang dari Fortuner dengan 11.996 unit. Porsi terbesar kedua disumbang Kijang Innova dengan 3.843 unit, Vios 2.861 unit, serta 14.627 unit lain hasil jumlah dari beberapa model, yaitu Yaris, Avanza, Rush, dan Town Ice. 
 
Sebagai catatan, dari pabrik TMMIN di Karawang hanya memproduksi Fortuner, Innova, Vios, dan Yaris. Sedangkan Avanza, Rush, dan Town Ice diproduksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Pabrik Sunter, Jakarta Utara.
 
Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN mengatakan, data Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), menyebutkan total ekspor mobil CBU periode tiga bulan pertama tahun ini mencapai 44.645 unit. "Artinya lebih dari 70 persen total ekspor Indonesia disumbang Toyota," ujar Warih dalam keterangan resminya, Selasa (6/5/2014).
 
CKD
Selain ekspor CBU, TMMIN juga mengirim kendaraan dalam bentuk terurai penuh (CKD) dan komponen kendaraan, meliputi mesin tipe TR dan kepala silinder, ke beberapa negara di Asia Tenggara, Timur tengah, dan Amerika Selatan. 
 
Jika diurai, ekspor CKD Toyota tercatat 9.580 unit ke enam negara; 15 juta unit komponen dalam berbagai jenis ke 16 negara; serta 16.326 unit ke 12 negara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com