Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanzanation Journey 2014 [Barat]

Avanza Jelajah Bukit Barisan, Tengok Penangkaran Penyu

Kompas.com - 27/02/2014, 22:55 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bandar Lampung, KompasOtomotif — Perjalanan Avanzanation Journey wilayah barat kembali menemukan medan kurang bersahabat di Sumatera. Lepas dari Palembang, rombongan berjalan menyusuri jalanan berliku dengan tujuan Krui, kawasan Taman Nasional Bukit Barisan, di pantai barat Sumatera.

Tak jauh beda dengan rute Bengkulu-Palembang, jalanan relatif kecil mau tak mau harus dilewati. Saking beratnya kondisi jalan, salah satu mobil mengalami pecah ban karena menghajar kontur jalan berbatu tajam. Namun, itu bukanlah masalah berarti dan kondisi Avanza tetap normal. Lagi-lagi, ketangguhan Low MPV pemimpin pasar itu sangat mumpuni untuk tiba di Pantai Tanjung Setia, di Desa Tanjung Setia, Kabupaten Lampung Barat. Perjalanan 17 jam dari Palembang membuat tim sampai di lokasi lewat tengah malam.

Penyu
Tim kembali bergerak mengeksplorasi kawasan Taman Nasional Bukit Barisan yang ditumbuhi banyak pohon-pohon besar. Kali ini, tim membawa misi pelestarian alam dengan mengunjungi penangkaran penyu di Desa Muara Tembulih, tak jauh dari Pantai Tanjung Setia.

Tim memutuskan untuk ikut belajar tentang penangkaran penyu dan melepaskan tukik (anak penyu). Kedatangan rombongan Avanzanation Journey disambut hamparan pasir halus pantai, lengkap dengan lokasi penangkaran yang tertata rapi. Sayang, tukik belum menetas, hanya ada beberapa yang siap dilepas ke laut.

Meski demikian, hal ini tak menyurutkan semangat tim untuk ikut menyelami seluk-beluk penyu dan tukik sebagai satwa yang dilindungi. Langkah kaki dituntun pengelola balai penangkaran menuju pantai pendaratan penyu. Di sinilah tim melepas beberapa ekor tukik agar menemukan kebebasannya sebagai satwa langka.

Dari sini didapat pembelajaran bahwa satwa langka yang dilindungi seperti penyu tetap bisa berkembang biak dengan proses dan penanganan yang tepat. Tim Sumatera juga mengerti arti penting dari lingkungan dan sumber daya alam yang harus dilestarikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com