Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanzanation Journey 2014 [Timur]

Jamuan Khas Palu Sambut Ekspedisi Avanzanation Journey

Kompas.com - 20/02/2014, 13:09 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Palu, KompasOtomotif – Avanzanation Journey Wilayah Timur telah sampai di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (18/2/2014) lalu. Meski masih jauh dari tujuan akhir, Jakarta, semangat tim masih berkibar, sebab sang jagoan, Toyota Avanza tetap menawarkan kenyamanan buat setiap penumpang, sekaligus mantap melibas jalan. Ditambah lagi pemandangan elok nan indah bumi Indonesia terus menemani sepanjang perjalanan.

Rombongan berangkat menuju Palu dari Gorontalo pada pukul 10.00 WIT. Rute yang dilalui sangat menantang, melewati jalan bekas tanah longsor di Gunung Kebon Kopi. Ambruknya dinding perbukitan sering terjadi di Sulteng, bahkan tanpa peringatan. Akibatnya, kondisi jalan sangat buruk, lumpur bisa membuat ban tergelincir karena kehilangan “gigitan”.

Rintangan
Genangan air keruh berwarna coklat itu juga menutupi sebagian besar lubang yang siap “melahap” jika pengemudi salah perhitungan atau teledor. Disini ketangguhan Avanza benar-benar diuji. Ternyata, sebagian besar masyarakat Indonesia telah memilih Low MPV yang benar, sistem gerak roda belakang terbukti jadi andalan di kondisi seperti ini. Torsi maksimal mampu didistribusi dengan baik ke roda belakang, hingga akhirnya mampu bergulir dengan baik dan lolos dari licinnya lumpur di jalan.

Di beberapa spot terdapat perbedaan ketinggian permukaan jalan, di sini keunggulan ground clearane 200 mm milik Avanza tidak terbantahkan.Tentu saja perjalanan tetap harus dilakukan dengan hati-hati.

Rombongan akhirnya tiba di Palu. Ramah-tamah dan sambutan tuan rumah, dealer utama Hadji Kalla, Palu, membuat ekspedisi makin meriah. Seakan menyadari makna tersirat, jamuan pun berlanjut di meja makan. Tidak pas rasanya bila main ke Ibu Kota Sulteng ini tanpa mencoba kuliner setempat, Kaledo.

Kuliner
Makanan khas masyarakat Palu ini juga dikenal dengan sebutan Kaki Lembu Donggala. Penampakan tulang dan daging lembu di tengah kuah begitu menggoda nafsu makan, sekilas mirip sop buntut, bedanya menyantap sajian ini harus ditemani ubi. Tulangnya sendiri merupakan bagian lutut yang masih penuh sum-sum. Saat dicoba rasanya benar-benar mantap.

Ekspedisi pun berlanjut di keesokan hari (19/2/2014). Kali ini perjalanan ditemani komunitas Avanza Palu dan dikawal Kepolisian setempat. Tim bertolak menuju pantai Talise. Pesisir yang terletak di Utara Palu ini merupakan salah satu lokasi utama wisata para turis. Hamparan pasir luas dan indanya suasana pantai menyejukan hati. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com