Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Ngebut Tanpa Kemampuan Mumpuni [Video]

Kompas.com - 12/02/2014, 19:51 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif — Sebagian besar biker yang suka touring berpendapat, menikung adalah bagian paling dinanti dan menarik untuk dilewati, apalagi pada jalanan sepi dan mulus. Tikungan lalu dilibas dengan kecepatan cukup tinggi sembari sedikit rebah. Sensasinya sulit diganti dengan kondisi jalan apa pun.

Kendati demikian, menikung adalah salah satu bagian yang dikategorikan gampang-gampang susah dalam bersepeda motor. Aksi tersebut tak hanya membutuhkan sepeda motor prima, tetapi juga keterampilan mumpuni. Banyak kecelakaan yang tak melibatkan pengendara lain, disebabkan keputusan buruk sebelum melibas tikungan. Kecepatan menjadi kunci yang sangat krusial.

Youtube Biker terjungkal setelah melibas tikungan dengan teknik yang salah.

Apa yang diperlihatkan di video berikut adalah salah satu contohnya. Segerombolan biker melaju di jalanan Amerika, dan tak lama kemudian, salah satu biker tidak bisa mengontrol sepeda motor karena menikung terlalu kencang. Panik, rem depan ditarik keras. Bukannya kembali seimbang, sepeda motor alih-alih terjungkal, dan biker pun terpental.

Pelajaran: Percaya diri ketika menikung sah-sah saja. Namun, aksi itu harus disertai keterampilan dan keputusan untuk menganalisis kecepatan maksimal.

Berikut videonya:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com