Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Jadinya Kalau Nekat Menerobos Pelintasan Kereta [Video]

Kompas.com - 16/01/2014, 16:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

London, KompasOtomotif — Masih ingat kecelakaan yang melibatkan kereta jurusan Serpong–Tanah Abang dengan truk bermuatan bahan bakar di pelintasan kereta di Bintaro, 9 Desember 2013 lalu? Tragedi yang menelan banyak korban jiwa itu sontak mengingatkan kembali betapa bahayanya menerobos pelintasan kereta api.

Top Gear, program televisi milik BBC, pernah membuat dan menyiarkan simulasi tabrakan kereta dengan mobil di salah satu pelintasan kereta di Inggris pada 2007. Terdapat sekitar 16.000 pelintasan kereta di Inggris, dan dikatakan bahwa setiap tahunnya banyak terjadi kecelakaan dan menimbulkan korban jiwa.

Logis bila beranggapan bahwa semua orang paham dampak buruk yang bisa diterima mobil bila tertabrak kereta. Namun, sebagian besar pasti belum pernah menyaksikan kejadiannya. Tujuan dibuatnya simulasi ini untuk menunjukkan gambaran visual momen mobil saat ditabrak kereta. Dengan begitu, Anda bisa membayangkan bagaimana jadinya jika di dalam ada penumpang.

Jeremy Clarkson, pembawa acara dalam video, mengatakan anggapan bahwa kecelakaan mobil di Inggris lebih banyak disebabkan oleh pengendara berusia muda yang kurang sabar. Ternyata, pengemudi usia baya justru berpeluang tiga kali lebih banyak terlibat kecelakaan.

Simulasi
Dalam cuplikan awal, terlihat seorang pengemudi mobil tiga roda, Reliant Robin, terekam kamera CCTV saat diserempet kereta karena ceroboh saat ingin melintas. Hanya sebagian mobil yang disenggol, tetapi terempas menjauh dari pelintasan.

Adegan berikutnya disajikan secara dramatis. Renault Espace generasi keempat yang dilabeli bintang lima Euro NCAP sengaja diletakkan tepat di jalur rel kereta. MPV itu kemudian ditabrak kereta yang melintas dengan kecepatan 110 kpj.

Dalam gerakan lambat bisa terlihat, salah satu mobil paling aman di Eropa itu hancur lebur beberapa saat setelah tumbukan terjadi. Bila ada penumpang di dalam kabin, maka bisa dipastikan ia tidak selamat.

Masih mau nekat terobos pelintasan kereta?


Berikut video simulasi mobil tertabrak kereta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com