Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NMKV, Jadi Proyek Baru Nissan Mitsubishi

Kompas.com - 21/06/2011, 16:49 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Nissan Motor Company  (NMC) dan Mitsubishi Motors Corporation (MMC)  mengumumkan kerja sama keduanya untuk memproduksi mobil kecil—disebut Kei Car—khusus untuk pasar Jepang. Keduanya  pun  mendirikan perusahaan baru  yang diberi nama NMKV Compay Limited, berbasis di Takanawa, Minato Ward, Tokyo, Jepang, dengan modal usaha 10 juta yen atau Rp 1 miliar dan mulai beroperasi 1 Juni 2011.

Sebenarnya pengumuman kerja sama Nissan-Mitsubishi sudah berembus sejak Desember tahun lalu dan direalisasikan sekarang ini. Total 35 tenaga kerja baru di perusahaan ini akan menyiapkan strategi product planning dan rekayasa mobil kecil baru untuk kedua merek. Termasuk, menyiapkan rantai pasokan komponen, perusahaan mitra, dan strategi pemasaran.

Tahap awal, Nissan akan menyediakan model  wagon untuk Mitsubishi di Jepang, sedangkan Mitsubishi memasok sport utility vehicle (SUV) untuk Nissan di kawasan Timur Tengah. NMKV merupakan jawaban dari perkembangan kondisi pasar mobil Jepang yang didominasi oleh Kei Car alias mobil kecil.

Kerja sama ini diharapkan bisa mendorong Nissan mengembangkan produk baru yang mencerminkan jati dirinya, baik dari desain maupun ciri khas  produk. Adapun bagi Mitsubishi, kerja sama ini diharapkan bisa menambah rentetan  model-model yang dipasarkan dan meningkatkan skala ekonomis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com