Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Amerika Kena "Recall"

Kompas.com - 05/12/2010, 11:30 WIB

EROPA, KOMPAS.com — Kalau Toyota Prius tercatat sebagai kendaraan hibrida pertama yang terkena recall, dari kategori mobil listrik, ada Think City. City car produksi Amerika ini ditarik oleh perusahaannya karena kelainan pada sistem rem. Jumlah yang ditarik 850 unit dan tersebar di Eropa.

Jadi, sistem penghenti laju terganggu oleh kondisi cuaca. Saat kondisi dalam keadaan lembab, kinerja rem melemah dan ini sangat berbahaya ketika pengemudi melakukan pengereman mendadak.

Seorang perwakilan Think berbicara kepada AutoblogGreen, "Utamanya karena ada endapan air yang jika terlalu lama, maka bisa menimbulkan kerusakan kecil pada sistem kelistrikan. Rem tetap bekerja, tapi dibutuhkan tekanan yang baik saat digunakan."

James Andrew, perwakilan Think Eropa, mengatakan kepada NRK bahwa untuk mengatasi masalah itu, cukup bungkus pompa sirkuit. Adapun Think City produksi terbaru sudah tidak bermasalah lagi.

Sementara itu, rumor lain beredar bahwa kasus recall ini terkait dengan belum dilakukannya uji tabrak oleh EuroNCAP. Dalam laporannya, VG Net menyebutkan kalau manajemen Think tidak memiliki persediaan unit ketika organsasi tersebut ingin melakukan pengujian dan membutuhkan tiga unit. Namun, kepada AutoblogGreen, Think berjanji akan menyerahkan unit tesnya tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com