Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin 1,6L Bertenaga Besar dari Volvo

Kompas.com - 30/08/2010, 19:17 WIB

SWEDIA, KOMPAS.com — Produsen mobil Swedia, Volvo, mengumumkan mesin bensin barunya berkapasitas 1,6L 4 silinder yang dilengkapi teknologi injeksi langsung (direct injection) dan turbo charged. Kombinasi ini mereka namakan Gasoline Turbocharged Direct Injection (GTDi).

Varian dari mesin anyar ini ada dua dengan kode T3 dan T4. Untuk yang 1,6L GTDi T3 mempunyai tenaga 150 PS dan torsi 240 Nm. Sedangkan yang 1,6L GTDi T4 180 PS dan torsi 240 Nm, tetapi bisa dinaikkan jadi 270 Nm, tergantung kebutuhan. Kedua mesin ini akan disematkan pada Volvo S60 dan V60.

"Kami perkirakan ada penurunan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang sekitar 20 persen dibanding dengan mesin bensin konvensional dengan perpindahan yang lebih besar dan kinerja yang relatif sama," ujar Senior Vice President Product Development Volvo Magnus Jonsson, Senin (30/8/2010) ini. Pada saat yang sama, lanjutnya, mesin GTDi bisa menyediakan tenaga dengan cepat dan mengemudi serasa nuansa mesin diesel modern.

Kedua varian mesin itu dibekali transmisi otomatis Powershift 6-speed dan manual juga 6-speed untuk 1,6 GTDi T4. Keistimewaannya, saat lagi meluncur dan pengemudi lantas mengangkat pedal gas, gigi persneling segera bebas. Dengan demikian, mengurangi rolling resistance dan irit bahan bakar.

Sedangkan 1,6 GTDi T3 hanya ditawarkan girboks manual 6-percepatan dilengkapi dengan fungsi "start/stop". Jadi, ketika mobil berhenti akibat macet, mesin langsung mati. Saat hendak jalan, tak perlu putar kunci kontak. Cukup tekan pedal gas, mesin sudah hidup kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com