Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Migelli 250 RV di Sentul

Kompas.com - 07/06/2010, 11:13 WIB

SENTUL, KOMPAS.com-Sirkuit Sentul sepanjang 4,12 kilometer menjadi saksi kemampuan produk terbaru PT Minerva Motor Indonesia (MMI) yaitu Migelli 250 RV. KOMPAS.com bersama puluhan media lain diminta untuk menjajal kebolehan varian tertinggi dari keluarga Miggeli ini di sirkuit kebanggaan Indonesia tersebut, Kamis (2/6/2010) lalu.

Lima unit Migelli250 RV disiapkan. Merah, Putih (2), Kuning dan Hitam. Pada kesempatan ini, KOMPAS.com masuk dalam kelompok kelima dan mendapat jadwal menunggang kuda besi ini pada pukul 14.00 WIB.

Sebelum naik ke atas sadel, semua kelengkapan keamanan, seperti pelindung siku, pelindung lutut, sepatu balap, sarung tangan sampai helm standar SNI, dikenakan dengan rapi. Nah, tiba saatnya, KOMPAS.com memacu Migelli250 RV kuning.

Getaran Mesin Putar kunci kontak, yang berada di atas tangki, tak jauh tutup tempat mengisi bensin. Ketika diputar pda kontak pada posisi “ON”, kipas pendingin mesin langsung berputar yang mudah diketahui dari suaranya. Setelah itu, tekan tombol starter di setang sebelah kanan, mesin pun menderu.

Getaran mesin terasa cukup kencang. Hal itu tampak dari dari getaran pada spion namun tidak sampai mengganggu pengelihatan.

Suara knalpot racing bawaan pabrik, langsung memacu adrenalin. Seelah memperhatikan, tachometer analog dan speedometer Koso RX2N digital plus lampu indikator putaran mesin, sepedamotor ini pun siap dipacu. Seluruh peserta diberikan kesempatan mencoba lima lap untuk merasakan sensasi Migelli250 RV.

Agresif Begitu gas dibetot, terasa repon mesin yang cepat. Mesin sepedamotor ini, diklaim menghasilkan tenaga maksimum pada 8.000 rpm. Pada gigi dua, motor sudah mencapai kecepatan 60 kpj. Ketika terus digenjot pada putaran tinggi, agresivitas mesin berkurang. Butuh waktu cukup lama untuk menaikkan kecepatan dari mesin 247 cc, 4 klep, SOHC dan pendingin air.

Sepedamotor yang digunakan KOMPAS.com hanya mampu mencapai kecepatan maksimum 126 kpj, dengan bobot pengendara 120 kg. Rekan wartawan yang punya bobot ideal, mengklaim bisa mengenjotnya sampai 157 kpj.

Stabil Saat bermanuver di tikungan tajam, sepedamotor ini bisa melakukannya dengan mudah. Terutama mempertahankan mesin bekerja pada putaran 6.000-7.000 rpm. Pada kondisi seperti, Migelli mampu berakselerasi dengan baik.

Pengendalian sangat stabil, berkat balutan ban Bridgestone Battlax BT-45. Sokbereker depan upside down 45 mm baru buatan Fast-Ace menghasilkan bantingan yang lembut, terutama saat sepedamotor direm. Migelli lincah bermanuver pada kecepatan 60 km di tikungan S.

Beberapa bagian dari sepedamotor ini menggunakan alumunium, seperti lengan ayun dan delta box. Cukup membantu kelincahahan sepedamotor ini ketika digeber habis.

Buat Harian Meski menawarkan sensasi sport, Migelli 250 RV dinilai juga oke untuk harian. Syaratnya, jalanan tidak terlalu padat. Tetapi kalau diajak memasuk kawasan yang sering bermacet-macet ria, kinerja sepedamotor ini sedikit terusik. Kemampuan beradaptasi tidak sehebat bebek atau skutik.

Satu unit Migelli 250 RV dibandrol Rp 34,9 juta on the road Jakarta, terbilang cukup tinggi. Tapi, jika dibandingkan dengan Ninja 250, masih kompetitif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com