Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Cara Kerja Fitur Auto Lock pada Pintu Mobil

Kompas.com - 04/06/2024, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pintu mobil dilengkapi dengan sistem keamanan agar tidak sembarangan orang bisa mengakses kendaraan tersebut.

Fitur anti maling banyak disematkan pada mobil seperti smart key, immobilizer dan sejenisnya. Akan tetapi, sebagai tambahan biasanya pabrikan menghadirkan Auto lock.

Sistem kerjanya, pintu mobil akan terkunci secara otomatis. Maka dari itu konsumen terkadang mendengar kunci pintu mobil aktif sendiri.

Baca juga: Cara Nyalakan Motor Keyless Tanpa Smart Key, Pakai Kode Rahasia


Yusuf, Pemilik Bengkel spesialis immobilizer, Kunci Maestro Yogyakarta mengatakan sebagian pabrikan mobil membekali produknya dengan fitur auto lock sehingga pintu akan terkunci sendiri selama syarat terpenuhi.

“Terkadang fitur ini tidak disadari oleh pengemudi bahwa auto lock dapat mempermudah mobilitas sehari-hari menggunakan mobil, namun sebenarnya auto lock tidak akan aktif dengan tanpa pemicu,” ucap Yusuf kepada Kompas.com, Senin (3/6/2024).

Yusuf mengatakan seandainya mobil mengunci sendiri pada waktu yang tidak tepat justru dapat menyusahkan pengendara. Maka dari itu pihak pabrikan membuat sistem dengan perhitungan matang.

Baca juga: Duplikat Smart Key Motor Keyless di AHASS, Harga Mulai Rp 300.000

Aipda Donny Yanuar saat memecahkan kaca mobil untuk menolong balita yang terkunci, Selasa (2/4/2024) pagi.(Kompas.com/Rizki Alfian Restiawan) Aipda Donny Yanuar saat memecahkan kaca mobil untuk menolong balita yang terkunci, Selasa (2/4/2024) pagi.

“Auto lock akan aktif berdasarkan laju mobil, ketika mobil berhenti seharusnya auto lock tidak aktif meskipun mesin dalam kondisi hidup, sehingga pintu mobil tidak akan terkunci dari dalam,” ucap Yusuf.

Yusuf mengatakan ketika sistem mendapatkan laporan dari ECU terkait pembacaan sensor kecepatan laju kendaraan menyentuh angka 20 Kpj maka sistem akan membuat pintu mengunci dengan otomatis.

“Sementara smart key aftermarket akan mengaktifkan auto lock saat pedal rem diinjak dengan kondisi mesin menyala, di luar kondisi tersebut seharusnya pintu tidak mengunci otomatis,” ucap Yusuf.

Jadi, bila pintu mobil Anda mengunci sendiri bisa jadi ini fitur bawaan pabrikan mobil atau smart key aftermarket yang terpasang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com