Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peminat Mobil Listrik Bekas Diklaim Belum Banyak

Kompas.com - 22/08/2024, 15:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar mobil bekas masih didominasi mobil dengan mesin bakar internal. Padahal penjualan mobil listrik maupun hybrid mulai meningkat signifikan sejak beberapa waktu lalu.

Hal ini bisa disebabkan karena adanya kekhawatiran mengenai masa depan dan keandalan teknologi ini, terutama dalam kondisi bekas.

Bagi pengusaha mobil bekas, menjual unit kendaraan listrik bekas juga dianggap memiliki tantangan sendiri. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang kesulitan untuk menjual kembali unit mobil bekas, karena faktor kekhawatiran calon konsumen.

Baca juga: Video Sopir Truk ODOL Marah Dibilang Membahayakan

"Mobil listrik saat ini sedang kurang baik-baik saja untuk penjualan unit bekasnya. Pembiayaan juga terlihat tidak begitu support, mereka agak khawatir beda dengan mobil biasa atau konvensional,” ucap Agustinus pemilik diler mobil bekas Focus, saat ditemui Kompas.com, di Jakarta Utara, Rabu (22/8/2024).

"Mobil listrik itu kan jangka panjangnya belum ketahuan seperti apa. Kalau dipakai lagi 10 tahun ke depan apa tinggal rangkanya saja atau tidak, kan belum tahu,” lanjutnya.

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 yang terparkir di salah satu sudut area parkir Gedung DPR, Jakarta, Jumat (30/9/2022).KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 yang terparkir di salah satu sudut area parkir Gedung DPR, Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Selain itu, depresiasi harga mobil listrik bekas terbilang mobil konvensional dengan mesin bahan internal.

“Penurunannya bisa 20-30 persen per tahun. Berapa pun usianya, Seperti Ioniq (5) baru keluar awal itu sampai miliaran karena digoreng, tapi sekarang barunya sudah bisa dapat Rp 700 jutaan. Ini dari barunya saja sudah turun dari APM,” kata Agustinus.

Kendati demikian, Agustinus mengaku tetap akan menerima konsumen yang ingin menjual unit mobil bekas di showroom-nya.

Baca juga: Hasil Tes Akselerasi Honda Step WGN di Sirkuit Tertutup

"Kalau saya sih berani (jual mobil listrik bekas), kita kan ambil share profit. Kalau ambil dengan harga benar, lalu dijual untung ya pasti kita jual. Disesuaikan dengan pasar,” kata dia.

Sementara itu, Andi, pemilik showroom mobil bekas Jordy Motor yang berlokasi di MGK Kemayoran mengatakan, untuk membeli mobil bekas listrik memang ada beberapa kriteria yang ditentukan, salah satunya adalah kilometer kecil.

Mobil listrik bekas saat ini belum banyak peminat. Pastinya kalau mau beli mobil listrik dari sisi penjual harus kilometer yang kecil dan harganya harus lumayan jauh dari harga baru,” kata Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau