Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Penopang Otomotif, Kemenperin Latih IKM Bengkel Motor di Merauke

Kompas.com - 07/08/2024, 20:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di sektor perbengkelan otomotif saat ini kerap bertumbuh dan berkembang, seiring dengan meningkatnya permintaan alat angkut roda dua yang jadi moda transportasi favorit masyarakat.

Guna mendorong peningkatan kemampuan teknis dan manajemen sumber daya manusia (SDM) di sektor tersebut, Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin) melaksanakan workshop bengkel alat angkut di Merauke, Papua Selatan.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita menjelaskan, lokakarya ini diikuti sebanyak 20 IKM bengkel roda dua dan 20 IKM bengkel permesinan speedboat.

Baca juga: Jangan Salah Beli Minyak Rem, Wajib Pahami Spesifikasinya

Bengkel motor, merawat skutikKOMPAS.com/FATHAN Bengkel motor, merawat skutik

“IKM bengkel roda dua memainkan peran penting dalam menyediakan layanan perawatan dan perbaikan sepeda motor, terutama di wilayah-wilayah yang belum terjangkau oleh bengkel resmi pabrikan,” kata dia dalam keterangannya, Selasa (6/8/2024).

Ditjen IKMA turut menggandeng Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Papua Selatan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Merauke.

Pada industri alat angkutan, sepeda motor terbukti masih menjadi primadona masyarakat Indonesia, termasuk bagi warga Kabupaten Merauke.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor di dalam negeri pada tahun 2023 mencapai 6,23 juta unit, mengalami peningkatan signifikan sebesar 19,44 persen dibandingkan tahun 2022.

AISI membidik penjualan sepeda motor pada tahun ini di kisaran 6,2-6,5 juta unit. Target ini mencerminkan optimisme terhadap pertumbuhan pasar sepeda motor yang berkelanjutan dan permintaan yang tetap tinggi di Tanah Air.

Baca juga: Pertamina Sosialisasikan QR Code buat Beli Pertalite di Kota Malang

Ilustrasi bengkel motor yang menyediakan berbagai jenis ban motorKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi bengkel motor yang menyediakan berbagai jenis ban motor

Sementara itu, menurut Reni, pertumbuhan permintaan sepeda motor harus disertai dengan tumbuhnya IKM perbengkelan roda dua yang berkualitas. Sebab, sepeda motor tentu memerlukan perawatan berkala untuk menjaga performa mesinnya.

“Kami mendorong IKM bengkel untuk bisa memberikan layanan yang berkualitas,” kata dia.

“Peran IKM dalam sektor ini tidak hanya mendukung kelancaran operasional sepeda motor, tetapi juga berkontribusi pada pemerataan akses layanan otomotif di seluruh wilayah," lanjut Reni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau