Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Avenis 125 di Indonesia Kena Recall, Ada Masalah Kelistrikan

Kompas.com - 14/08/2024, 08:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) meluncurkan kampanye Suzuki Product Quality Update alias recall bagi pemilik sepeda motor Suzuki Avenis 125 di Indonesia.

Program recall kali ini mencakup 108 unit sepeda motor dengan rentang produksi dari 30 April hingga 3 Desember 2022.

Hal ini sengaja dilakukan untuk memastikan kualitas dan keselamatan produk melalui pemeriksaan dan, jika diperlukan, penggantian komponen Ignition Coil Assy.

Baca juga: Jangan Asal, Begini Cara Menarik Rem Tangan yang Benar

Suzuki Avenis 125Dok. SIS Suzuki Avenis 125

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat indikasi degradasi material pada komponen pelindung kabel high tension pada ignition coil, yang dapat mengganggu sistem kelistrikan dalam jangka panjang.

Suzuki akan melakukan pemeriksaan menyeluruh dan mengganti komponen jika ditemukan masalah, untuk memastikan kinerja sepeda motor tetap aman.

“Sebelumnya prinsipal kami telah mengumumkan adanya pemeliharaan kualitas komponen pada model global yaitu Avenis 125,” ujar Hariadi, Asst to Department Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dalam keterangan tertulis (13/8/2024).

Baca juga: Mulai 19 Agustus 2024, Kemenhub Gelar Razia ODOL Serentak di Indonesia

“Sebagai produk yang juga dipasarkan di Indonesia, kami telah berkoordinasi untuk mengadakan program Product Quality Update. Pelanggan tidak perlu khawatir, karena Bengkel Resmi Suzuki siap melakukan pemeriksaan dan penanganan secepatnya,” kata dia.

Pelanggan dapat memeriksa apakah kendaraan mereka terdaftar dalam program ini dengan mengunjungi laman resmi www.suzuki.co.id dan memasukkan nomor rangka kendaraan.

Alternatifnya, pemilik dapat langsung mengunjungi bengkel resmi Suzuki terdekat di seluruh Indonesia.

Baca juga: Bocoran Calon Bus Baru PO Haryanto Model Sleeper

Pengalaman pertama jajal Suzuki Avenis 125 di IMOS 2022.Foto: KOMPAS.com/Adityo Pengalaman pertama jajal Suzuki Avenis 125 di IMOS 2022.

Pemeriksaan dan penggantian komponen ini tidak dikenakan biaya apapun dan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk pemeriksaan serta maksimal 1 jam jika diperlukan penggantian.

“Meski saat ini tidak ditemukan keluhan dari pengguna Avenis 125, namun kami sangat menganjurkan para pemilik yang unitnya terindikasi untuk segera melakukan pemeriksaan komponen terlebih dahulu,” ucap Hariadi.

“Apabila teknisi kami mendapati adanya kondisi kurang baik, maka pelanggan akan mendapatkan penggantian Ignition Coil Assy secara cuma-Cuma,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau