Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang HUT RI, PLN Sediakan 18 SPKLU di IKN

Kompas.com - 13/08/2024, 19:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) akan menyiagakan 18 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Fasilitas tersebut dihadirkan secara khusus untuk mendukung penggunaan mobil listrik pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79 di sana.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, langkah terkait juga sekaligus mendukung upaya pemerintah menjadikan kendaraan listrik sebagai moda transportasi utama di IKN.

Baca juga: Cek Harga Double Cabin Bekas, Dijual mulai Rp 95 Jutaan

Tampilan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan fast charging yang disediakan PLN di berbagai wilayah di Indonesia.Dok. PLN Babel. Tampilan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan fast charging yang disediakan PLN di berbagai wilayah di Indonesia.

"PLN berkomitmen mendukung upaya menciptakan IKN sebagai smart, green, dan beauty city dengan mengandalkan energi baru terbarukan," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (13/8/2024).

"Kami pastikan seluruh unit SPKLU dan petugas PLN siap mendukung kelancaran kegiatan selama HUT RI 17 Agustus 2024 mendatang," ujar Darmawan.

Darmawan menambahkan, ke depan PLN siap memperkuat dukungan infrastruktur kendaraan listrik untuk mobilitas di IKN dan menjadikan ibu kota yang futuristik dengan forest city yang smart, green, dan beauty.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Agung Murdifi menyampaikan bahwa 18 SPKLU PLN tersebut telah tersedia di 3 titik lokasi.

Lokasi itu baik di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) maupun lokasi-lokasi strategis yang dekat dengan IKN di antaranya yaitu Kantor Kemensetneg, Stadion Batakan, dan Gardu Hubung (GH) Sementara PLN.

Baca juga: Hyundai Sebut Ioniq 5 N Justru Dongkrak Penjualan Ioniq 5

PT PLN (Persero) menyiapkan 108 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan BajoDokumen PLN PT PLN (Persero) menyiapkan 108 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo

"Alhamdulillah kini 18 SPKLU PLN telah siap beroperasi melayani penggunaan kendaraan listrik selama HUT RI ke 79 di IKN. Layanannya pun terintegrasi di aplikasi PLN Mobile", jelas Agung.

Adapun untuk unit SPKLU yang disediakan oleh PLN terdiri dari SPKLU Ultra Fast Charging sebanyak 8 unit, SPKLU Fast Charging sebanyak 4 unit dan SPKLU Medium Charging sebanyak 3 unit.

Selain itu, PLN juga menyediakan SPKLU untuk kendaraan roda 2 sebanyak 3 unit.

"SPKLU tersebut nantinya akan melayani kendaraan listrik yang digunakan oleh para pejabat negara, petugas keamanan hingga kendaraan operasional selama perayaan HUT RI ke 79 di IKN," ujar Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau