Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Debitur Asal Pati Kena Blacklist Perusahaan Pembiayaan?

Kompas.com - 10/07/2024, 16:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini ramai di media sosial kalau beberapa perusahaan pembiayaan menolak kalau ada debitur asal Pati, Jawa Tengah. Hal ini dilakukan karena kasus pencurian mobil dan sebagainya.

Bahkan terakhir ada pemilik rental yang coba mengambil unitnya yang lama tidak dikembalikan penyewa. Saat ditemui mobilnya di daerah Pati, malah diamuk massa sampai meninggal dunia.

Menanggapi banyak kejadian kurang mengenakkan di Pati, Chief Executive Officer ACC (Astra Credit Companies) Hendry Christian Wong mengatakan, warga Pati tetap bisa mengajukan kredit asalkan memenuhi persyaratan yang ditetapkan perusahaan.

Baca juga: Tol Cimanggis-Cibitung Diresmikan, Tol JORR 2 Tersambung Penuh 111 Km

Astra Credit Companies (ACC) gelar bursa otomotif Cibinong CARnival.dok. Astra Credit Companies (ACC) Astra Credit Companies (ACC) gelar bursa otomotif Cibinong CARnival.

"Boleh (mengajukan kredit), enggak apa-apa asal tadi memenuhi persyaratan. Kalau mau ke Jakarta ikut GIIAS boleh dari Pati datang kasih program bunga 0,67 persen," ujar Hendry di Jakarta, Senin (8/7/2024).

Menurutnya, perusahaan tak punya kriteria khusus persetujuan kredit berdasarkan wilayah atau yang kerap disebut zona merah (red zone).

Untuk diketahui, zona merah merupakan istilah yang digunakan perusahaan leasing untuk menandai wilayah yang dianggap berisiko tinggi kredit bermasalah atau pelanggaran kontrak.

Baca juga: Masa Depan Toyota Kijang Innova BEV Konversi

Hendry mengklaim pihaknya hanya menganalisis berdasarkan kriteria individual. Artinya, pertimbangan pemberian kredit berdasarkan kemampuan individu saja.

"Enggak ada kriteria wilayah. Kita kan melihatnya bukan wilayah, tetapi individual. Balik lagi kemampuan konsumen masing-masing," ucap Hendry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau