Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Harus Dihindari Setelah Coating Mobil

Kompas.com - 10/07/2024, 15:01 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki mobil yang selalu terlihat baru dan mengilap tentu menjadi impian banyak pemilik kendaraan. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan melakukan coating pada mobil.

Proses ini memberikan lapisan pelindung ekstra pada permukaan kendaraan, membuatnya lebih tahan terhadap goresan, kotoran, dan cuaca ekstrem. Akan tetapi, agar hasil coating tetap optimal dan bertahan lama, diperlukan perawatan khusus setelah proses pelapisan.

"Paling setelah coating sekitar satu minggu jangan kena sabun cuci dulu, jadi kalau kotor atau hujan baiknya cukup disiram air aja dan di lap microfiber, jangan pakai lap lain," kata Putro, owner Maestro Glossy Auto Detailing & Coating.

Baca juga: Apa Benar Oli Punya Masa Kedaluwarsa?

Hal ini penting dilakukan untuk memberikan waktu bagi lapisan coating untuk benar-benar menempel dan mengeras pada permukaan mobil.

Setelah masa tunggu tersebut, pemilik mobil dapat melakukan perawatan seperti biasa.

"Selebihnya ya seperti kita merawat mobil biasa saja, kalo kena hujan segera dicuci, parkir di tempat teduh, hindari parkir di bawah pohon, cuci pakai shampo mobil dan lap pakai microfiber," tambah Putro.

Ilustrasi coating mobilIlham Karim/Kompas.com Ilustrasi coating mobil

Menjaga kebersihan mobil dengan mencuci secara rutin dan menggunakan produk yang tepat akan membantu mempertahankan kilau dan perlindungan dari coating.

Baca juga: Apa Benar Oli Punya Masa Kedaluwarsa?

Selain itu, menghindari paparan langsung sinar matahari dan residu pohon juga penting untuk mencegah kerusakan pada lapisan pelindung.

Dengan melakukan langkah-langkah perawatan yang disarankan, pemilik mobil dapat memastikan bahwa hasil coating tetap maksimal, menjaga tampilan kendaraan selalu terlihat baru dan terawat sepanjang waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau