Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Neta Indonesia Punya Rencana Ekspor Mobil Listrik

Kompas.com - 06/06/2024, 17:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen otomotif asal China, Neta, tak main-main terjun ke pasar Tanah Air. Salah satunya dibuktikan dengan Neta V-II yang saat ini sudah diproduksi di Tanah Air.

Sebagai informasi, Neta V-II diproduksi dengan skema completely knocked down (CKD) oleh Handal Indonesia Motor di pabrik Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 44 persen.

Brand & Marketing Director Neta Auto Indonesia Yusuf Anshori, untuk tahap awal, Neta V-II akan diproduksi sebanyak 10.000 unit di pabrik PT Handal Indonesia hingga 2025.

Baca juga: Strategi United Dorong Subsidi Motor Listrik

“Jadi Handal itu punya kapasitas 30.000 unit, itu kapasitas, bukan target. Kalau target tahap awal ini ada 10.000 unit pada 2024 hingga 2025,” ucap Yusuf, saat ditemui di Bekasi, belum lama ini.

Neta V resmi diproduksi di IndonesiaKompas.com/Nanda Neta V resmi diproduksi di Indonesia

Kendati demikian, Yusuf menyampaikan bahwa pihaknya masih berfokus untuk produksi mobil untuk pasar lokal dan belum untuk ekspor.

“Saat ini, mungkin harapannya ingin menjadi basis ekspor, tapi kita belum bisa mention kapan. Neta di Thailand juga masih fokus sama kebutuhan domestik. Karena di sana juga baru 1-2 tahunan. Masih sama-sama baru jadi masih fokus domestik,” kata Yusuf.

Baca juga: Alasan Zeekr Mau Luncurkan 2 Model di Indonesia

Neta V-II menjadi model pertama yang dirakit secara lokal. Model ini diklaim mendapatkan respon positif dan berhasil mencatat lebih dari 250 SPK sejak awal debutnya.

Kedepan, Neta bakal memproduksi model lain di PT Handal Indonesia Motor. Salah satunya adalah Sport Utility Vehicle Neta X yang diprediksi bakal meluncur tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com