Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Zeekr 009, Pesaing Alphard Versi Listrik dari China

Kompas.com - 06/06/2024, 13:02 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Zeekr resmi masuk ke pasar otomotif Indonesia. Merek mobil listrik asal China itu akan meluncurkan dua model yaitu Zeekr 009 dan Zeekr X pada akhir tahun 2024.

Untuk Zeekr 009 merupakan mobil multi purpose vehicle (MPV) listrik mewah. Segmen yang saat ini masih sedikit pesaingnya, karena baru dijajaki oleh MG Maxus 9.

Baca juga: Motor Listrik Electrum H3 Resmi Meluncur, Harga Promo Rp 14 Jutaan

Bicara eksterior, tampilan Zeekr 009 bisa dibilang futuristik. Gril depan dengan bilah-bilah dan bentuk lampu yang tidak biasa membuat tampilannya cukup menarik.

Zeekr 009Foto: Wikipedia Zeekr 009

Adapun di bagian belakang, mobil dilengkapi dengan bilah lampu belakang terintegrasi sepanjang 1,47 m. Desain yang unik dan meningkatkan estetika.

Zeekr memiliki dimensi panjang 5.209 mm, lebar 2.024 mm, tinggi 1.848 -1858 mm dan wheelbase 3.205 mm. Secara keseluruhan dimensinya mirip-mirip dengan Toyota Alphard.

Baca juga: Tutup Pabrik ASEAN, Subaru Belum Buka Opsi Relokasi ke Indonesia

Meski merek China, teknologi Zeekr 009 jangan dianggap remeh. Ini bisa terjadi sebab sebagai bagian dari Geely Holding, induk perusahaan yang juga menaungi Volvo.

Rancang bangun menggunakan teknologi Geely Sustainable Experience Architecture 1 Platform (SEA 1) yang khusus untuk mobil listrik. Rangkanya dibuat sangat kaku dan beberapa bagian pakai alumunium cast.

Zeekr 009Foto: Zeekr Zeekr 009

Interiornya bertema masa depan. Panel instrument digital 10,2 inci, dan layar sentuh LCD pada bagian tengah dengan ukuran 15,4 inci. Untuk memanjakan kuping tersedia 20 speaker besutan Yamaha.

Di China, mobil dibekali dua motor elektrik sebagai penggerak, ada dua besaran daya yang tersedia yaitu yang menghasilkan 536 Tk dan 778 Tk. Adapun pilihan baterainya ada tiga yaitu 116 kWh, 140 kWh, dan 108 kWh.

Karena pilihan tenaga dan baterainya berbeda-beda, jarak tempuhnya juga tidak sama. Versi paling rendah diklaim sanggup melintas 702 km sekali isi dan versi tertinggi yaitu 822 km sekali isi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com