Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zeeker Klaim Produknya Setara Merek Eropa

Kompas.com - 06/06/2024, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Jika mayoritas produsen mobil listrik asal China bermain di segmen entry level maka Zeekr mengeklaim sebagai produk premium. Pesaingnya ialah merek-merek asal Eropa.

Alex Bao Zhuangfei, Managing Director & Head of SEA Region Zeekr, percara diri bahwa merek di bawah payung Geely Holding Group tersebut punya kualitas yang setara dengan merek Eropa lain.

Baca juga: Pabrik Subaru Thailand dan Malaysia Tutup, Tak Pengaruh ke Indonesia

“Untuk brand ini, luxury premium, brand lain punya reputasi bagus, teknologi, material, dan desain. Kami juga punya desain yang luxury dan premium,” ujar Alex di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Zeekr XFoto: Zeekr Zeekr X

Meski merek China, pengembangan desain dilakukan di Gothenburg, Swedia, dengan kepala desain bernama Stefan Sielaff.

Zeekr pertama kali diluncurkan di China dan mulai berekspansi ke Eropa. Karena tujuan pasarnya Eropa, semua fitur dan teknologinya mesti sesuai standar Eropa.

“Kami juga punya teknologi, dan desain seperti brand Eropa,” kata Alex.

“Nilai tambahnya kami mempunyai cutting edge teknologi untuk mobil listrik. Gabungkan kedua hal ini yang membuat kami memiliki lebih banyak opsi dibandingkan brand lain,” kata Alex.

Zeekr XFoto: Zeekr Zeekr X

Baca juga: Resmi, Marc Marquez Gabung ke Tim Pabrikan Ducati

Pada tahun 2024, Zeekr ini berencana berekspansi ke Denmark, Jerman, Perancis, Norwegia, Israel, dan Australia, serta negara-negara Asia Tengara.

Secara global, Zeekr punya beberapa model yang eksis, yaitu Zeekr 001, ‎Zeekr X, dan Zeekr 009. Namun, untuk Indonesia, sebagai tahap awal, Zeekr akan meluncurkan Zeekr X dan Zeekr 009.

Zeekr X merupakan sport utility vehicle (SUV) listrik yang saat ini jadi pasar seksi di Indonesia, sedangkan Zeekr 009 merupakan mobil multiguna alias MPV listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com