Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jorge Martin Resmi Masuk Aprilia, Ducati Incar Marc Marquez

Kompas.com - 04/06/2024, 06:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jorge Martin resmi pindah ke pabrikan lain musim depan. Pemimpin klasemen sementara MotoGP 2024 ini akan menggantikan Aleix Espargaro di tim pabrikan Aprilia.

Melalui video yang diunggah pada media sosial Instagram @aprilia, terlihat CEO Aprilia Racing Massimo Rivola yang menyambut kehadiran Martin. Resmi, musim depan Martin akan menjadi rekan setim dari Maverick Vinales.

Baca juga: Diasapi Bastianini pada Tikungan Akhir, Martin Mengaku Frustrasi

Sebelumnya, Martin sempat berusaha untuk merebut tempat di tim pabrikan Ducati dari Enea Bastianini. Namun, belum lama ini dikabarkan bahwa Ducati malah menetapkan pilihannya pada Marc Marquez.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Aprilia (@aprilia)

Dikutip dari Crash.net, Senin (3/6/2024), disebutkan bahwa skenario awal adalah Ducati mengambil Martin sebagai rekan setim Bagnaia untuk musim depan. Lalu, Marquez ditempatkan di Pramac Racing dengan dukungan penuh dari tim pabrikan, hanya seragam yang berbeda.

Tapi, Marquez mengejutkan semua orang, termasuk Ducati, dengan mengatakan bahwa Pramac bukanlah opsi bagi dirinya. Mendengar pernyataan tersebut, Ducati dikatakan lebih memprioritaskan Marquez.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2024 Usai GP Italia, Bagnaia Mulai Ancam Martin

Sementara itu, Martin akan bersaing dengan Bastianini untuk memperebutkan tempat di tim pabrikan Aprilia. Pilihan yang berat, meskipun sebelumnya Aprilia sempat mengatakan akan mencari pebalap asal Italia.

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Italia 2024Dok. @89jorgemartin Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Italia 2024

Posisi lain yang terbuka adalah bersama Gasgas Tech3. Meskipun Tech3 adalah tim satelit, tapi KTM memberikan dukungan penuh dan motor yang sama seperti tim pabrikannya.

Pramac Racing sendiri belum memperpanjang kontraknya dengan Ducati. Tim satelit tersebut juga sempat dikabarkan akan bekerja sama dengan Yamaha mulai musim depan.

Jika Pramac Racing lebih memilih Yamaha, maka kemungkinan besar Fermin Aldeguer yang sudah menandatangani kontrak dengan Ducati akan ditempatkan di Gresini Racing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com