Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Sprint Race MotoGP Italia 2024, Bagnaia Menang, Martin Terjatuh

Kompas.com - 01/06/2024, 20:28 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jorge Martin start dari pole position, tapi Francesco Bagnaia yang berhasil melewati tikungan pertama lebih dulu. Rekan setimnya, Enea Bastianini, mengikuti tepat di belakangnya.

Sementara Martin, bertahan di posisi ketiga. Selang beberapa tikungan, Martin dan Bastianini terlihat bersaing ketat untuk memperebutkan posisi kedua. Namun, pada akhirnya Martin berhasil merebutnya.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Italia 2024, Martin Pole Position

Sementara itu, Brad Binder berhasil merangsek ke posisi keempat. Tapi, sayangnya saat masuk ke lap kedua, Marc Marquez berhasil menyalip Binder. Tepat di belakang Binder, ada Pedro Acosta di posisi keenam.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024

Maverick Vinales yang start dari barisan terdepan malah tertahan di posisi ketujuh. Pada lap kedua, Miguel Oliveira dengan Fabio Quartararo terjatuh bersama.

Sementara itu, Bagnaia terus memimpin dengan selisih 0,4 detik dari Martin. Saat memasuki tikungan pertama pada lap ketiga, Martin terlibat insiden dengan Bastianini.

Baca juga: Link Live Streaming MotoGP Italia 2024, Sprint Race Pukul 20.00 WIB

Bastianini mencoba menyalip Martin, tapi melebar. Ketika dia mau kembali ke jalurnya, dia menyenggol Martin dari luar dan terjatuh. Sehingga, menguntungkan Marquez untuk maju ke posisi ketiga.

Pedro AcostaInstagram @37pedroacosta Pedro Acosta

Jaraknya dengan Martin juga cukup dekat. Sedangkan itu, di barisan belakang, Acosta berhasil menyalip Binder untuk posisi keempat.

Posisi Bagnaia belum aman di depan, selisihnya dengan Martin terus mendekat. Begitu pula dengan jarak Martin dengan Marquez.

Memasuki lap kelima, Martin salip menyalip dengan Marquez. Kondisi ini menguntungkan Bagnaia untuk menambah jarak hingga 0,7 detik.

Sementara itu, Martin masih mampu mempertahankan posisi kedua. Pada lap keenam, Marquez berhasil menyalip Martin di tikungan pertama. Martin pun tak dapat membalasnya, tapi tetap menempel ketat di belakang Marquez.

Selisih Martin dengan Marquez hanya 0,2 detik. Sedangkan Acosta di belakang Martin, masih berjarak 1,1 detik. Perlahan namun pasti, Acosta terus merapat ke barisan terdepan.

Saat balapan tersisa lima lap, posisi Bagnaia sudah cukup jauh di depan Marquez. Jaraknya terpaut hingga 1,3 detik. Marquez juga terus membuka jarak dengan Martin hingga 0,5 detik.

Sayangnya, pada lap kedelapan, Martin terjatuh di tikungan pertama. Dipastikan pebalap Pramac Racing tersebut tidak mendapat poin satu pun pada sprint race kali ini.

Dengan terjatuhnya Martin, menguntunkan Acosta untuk naik ke posisi ketiga. Tapi, selisihnya dengan Marquez cukup jauh, yakni 1,5 detik dengan balapan tersisa empat lap lagi.

Pada lap kesembilan, jarak Bagnaia dengan Marquez semakin menipis hingga 0,8 detik dan terus mendekat. Bahkan, Acosta yang berada di belakang Marquez terus tertinggal hingga 2,2 detik.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com