Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditinggal Aleix, Aprilia Incar Kandidat Ducati

Kompas.com - 29/05/2024, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati kebingungan untuk memilih satu di antara tiga pebalap untuk masuk tim pabrikan. Namun, siapa pun yang tidak terpilih, Aprilia mengatakan bersedia untuk menampungnya.

Aleix Espargaro resmi akan pensiun pada akhir musim ini. Dengan demikian, ada satu kursi kosong yang ditinggalkan di tim pabrikan.

Baca juga: Aprilia Cari Pebalap Italia untuk Gantikan Aleix

Sebelumya, Aprilia menyebutkan pihaknya berharap mendapatkan pebalap asal Italia sebagai pengganti Aleix. Namun, Aprilia juga menyebutkan pihaknya siap untuk semua opsi.

Pebalap Ducati, Enea Bastianini, saat mengikuti Free Practice 2 MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Internasional Algarve di Portimao, Jumat (22/3/2024). Enea Bastianini meraih pole position pada Kualifikasi MotoGP Portugal 2024. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Ducati, Enea Bastianini, saat mengikuti Free Practice 2 MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Internasional Algarve di Portimao, Jumat (22/3/2024). Enea Bastianini meraih pole position pada Kualifikasi MotoGP Portugal 2024. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Termasuk para kandidat pebalap pabrikan Ducati, yakni Enea Bastianini, Jorge Martin, dan Marc Marquez.

"Kami siap menghadapi segala kemungkinan. Kami ingin menang dan kami ingin yang terbaik, jadi jangan pernah mengatakan tidak pernah," ujar CEO Aprilia Massimo Rivola, dikutip dari Crash.net, Rabu (29/5/2024).

Baca juga: Pensiun dari MotoGP, Aleix Berencana Jadi Pebalap Tes Aprilia

“Anda harus siap, penuh perhatian, dan melihat apa yang mereka kategorikan, yang akan menjadi pilihan optimal," kata Rivola.

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024Dok. @89jorgemartin Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024

Maverick Vinales akan tetap dipertahankan. Meskipun, sempat juga beredar kabar Vinales mendapatkan tawaran dengan gaji besar untuk pindah ke tim pabrikan Honda menggantikan Joan Mir.

"Maverick bagi saya masih menjadi bagian dari kelanjutan. Saya adalah penggemar Maverick,” ujar Rivola.

“Saya penasaran, seperti Anda semua, untuk melihat apa keputusan Ducati nantinya,” kata Rivola.

Marc Marquez saat beraksi pada sesi Practice MotoGP Perancis 2024 di Sirkuit Le Mans, Jumat (10/5/2024). (Photo by JULIEN DE ROSA / AFP)AFP/JULIEN DE ROSA Marc Marquez saat beraksi pada sesi Practice MotoGP Perancis 2024 di Sirkuit Le Mans, Jumat (10/5/2024). (Photo by JULIEN DE ROSA / AFP)

Menurutnya, Ducati sangat cerdas dan bisa saja mempertahankan pebalap topnya, yakni Marc Marquez dan Jorge Martin.

"Untuk itu, Martin akan masih tim pabrikan dan Marquez menggunakan motor pabrikan tapi tetap dalam tim satelit. Jika saya jadi mereka, saya akan melakukan itu," ujarnya.

Jika itu terjadi, tidak menutup kemungkinan Enea Bastianini yang terdepak dari Ducati akan bergabung ke Aprilia. Begitu pula jika seandainya Martin atau Marquez tidak terpilih, maka akan jadi pilihan bagus untuk Aprilia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com